Aksi di KPK, Massa Desak Presiden Segera Lantik Pimpinan Baru KPK

Klik untuk perbesar
Massa aksi Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) yang berunjuk rasa di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pasca disahkannya revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK oleh DPR, ratusan orang yang tergabung dalam Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9). Mereka berunjuk rasa mendesak Presiden Jokowi segera melantik pimpinan KPK terpilih periode 2019-2023.

"Jumlah kita satu, tujuan kita satu, percepat pelantikan pimpinan KPK terpilih," kata Koordinator MPD Mat Peci atau Zulfikar di lokasi unjukrasa.

Berita Terkait : Parpol Koalisi Sudah Sehati

Dia menambahkan, selain mendesak pimpinan dan pegawai KPK yang telah menyatakan mengundurkan diri agar meninggalkan gedung KPK, serta meminta dibubarkannya Wadah Pegawai (WP) KPK.

"Pelemahan justru datang dari internal KPK sendiri. Tidak sepatutnya mereka membangun konsolidasi di dalam gedung ini, gedung yang dibuat dengan uang negara, sementara mereka menolak menaati undang-undang," sambung Zulfikar.

Berita Terkait : Ngotot Tolak Perppu KPK, Wakil Presiden Kuatkan Presiden

MPD, tambah Zulfikar, juga mengapresiasi keputusan DPR RI yang telah mengesahkan RUU KPK menjadi UU KPK. "Kami sangat mendukung UU KPK yang sudah disahkan," ujarnya.

Para pengunjukrasa membawa sejumlah spanduk dan poster dengan beragam tulisan, di antaranya "Saut dan Pegawai yang Mundur Segera Out dari Gedung KPK" serta "Malu Dong Masih Pake Fasilitas KPK". Sejumlah pengunjukrasa juga tampak mengenakan kostum sejumlah tokoh pewayangan, seperti Hanoman, Bima, Arjuna dan para Punakawan.

Berita Terkait : Jangan Jerumuskan Presiden Jokowi Dengan Terbitkan Perppu KPK

Aksi yang berlangsung sejak sekitar pukul 14:30 hingga 16:15 WIB itu berjalan dengan tertib, di bawah penjagaan puluhan personel Polisi. [KW]

RM Video