Hasil Survey KPK

Cuma Sedikit, Ibu-Ibu Yang Tanamkan Kejujuran Pada Anaknya

Klik untuk perbesar
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah melakukan survey, untuk melihat seberapa jauh para ibu menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anaknya di rumah. Hasil survey tersebut dipaparkan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di hadapan para finalis Puteri Indonesia 2019.


Alex, sapaan Alexander menyatakan, hasil survey tersebut sangat miris. “Hasilnya sangat mengejutkan hanya 5 persen orang tua kita itu mengajarkan atau khususnya ibu-ibu itu mengajarkan nilai-nilai kejujuran itu ke anak-anaknya,” ungkap Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada, Rabu(6/3).

Berita Terkait : KPK Cegah Samin Tan dan Anak Buahnya ke Luar Negeri

Alex mencontohkan, di era milenial saat ini banyak orang tua yang justru malah lebih takut bila nilai pelajaran anaknya jelek, ketimbang melakukan pelanggaran kecil di masyarakat.


Misalnya, memberi dan mengizinkan anak mereka yang masih di bawah umur mengendarai sepeda motor. Tentu saja, anak-anak itu belum punya Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca Juga : Jokowi-Maruf Menang Banyak di Tokyo

“Tetapi orang tua kan bangga. Sekarang anak saya sekolah udah nggak ngerepotin lagi lho, Sudah bisa berangkat sendiri. Sudah naik motor, nggak pake helm. Ini kan bentuk perilaku koruptif juga,” tegas Alex.


Alex pun berpesan kepada seluruh finalis Puteri Indonesia, dan seluruh wanita di negeri ini, agar menjadi pelopor terwujudnya perilaku jujur dalam keluarga, dan itu dimulai dari pendidikan terhadap anak. [OKT]

RM Video