Ruang Kerjanya Disegel, Apakah Menteri Agama Terkait?

KPK Tentukan Status Romahurmuziy Siang Ini

Klik untuk perbesar
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ruangan‎ Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama  (Kemenag) Phil Nur Kholis, disegel Tim Satgas KPK. Penyegelan itu terkait praktek dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag.

Dugaan praktek rasuah itu dibongkar KPK melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jawa Timur (Jatim) dan Jakarta, pada Jumat (15/3). Dalam OTT itu, tim KPK mengamankan sejumlah pihak. Di antaranya, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sekaligus Anggota DPR Romahurmuziy dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanuddin.

“Ruangan yang disegel itu kan ruangan Sekjen, ruangan Menteri. Dua itulah setidaknya yang disegel,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Sabtu (16/3) dinihari.

Berita Terkait : Pegawainya Diciduk KPK, Menteri Agama Minta Maaf

Sayang, Febri belum mau mengungkapkan, kenapa dua ruangan petinggi Kemenag itu disegel. Biasanya, penyegelan yang dilakukan Tim KPK dalam setiap OTT akan berujung penggeledahan, jika kasus sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan, yang disertai penetapan tersangka.

Penggeledahan dilakukan untuk mencari bukti tambahan terkait kasus yang sedang ditangani. KPK menyebut penangkapan Rommy berkaitan dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama, baik di pusat ataupun di daerah.

“Kalau pokok perkaranya terkait pengisian posisi atau pengisian jabatan, tentunya ada beberapa bukti-bukti yang perlu dicari di Kantor Kementerian Agama,” kata Febri.

Berita Terkait : Rommy Lagi Apes, Menteri Agama Keserempet?

Dalam bagan organisasi dan tata kelola Kementerian Agama, Sekretariat Jenderal berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri. Sementara Sekjen membawahi beberapa biro, salah satunya Biro Kepegawaian.

Kantor Wilayah Kemenag Provinsi maupun Kantor Kemenag Kabupaten atau Kota, bertanggung jawab dan berada langsung di bawah Menteri.

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin merupakan Ketua Majelis Partai PPP. Partai yang sama dengan Romahurmuziy alias Rommy.

Berita Terkait : Ruang Kerja Menteri Agama Disegel KPK

Dalam Pemilu 2019 ini, Lukman maju sebagai calon anggota (caleg) DPR RI Dapil Jawa Barat 6 meliputi Bekasi dan Depok.

Dalam OTT ini, Tim KPK mengamankan uang ratusan juta. Uang tersebut belum termasuk dugaan suap yang telah diberikan sebelum-sebelumnya. “Untuk uang yang diamankan sekitar seratusan juta dalam bentuk mata uang Rupiah. Ini di luar dugaan penerimaan sebelumnya,” tandas Febri.

KPK akan menggelar konferensi pers penentuan status Rommy siang ini, pukul 11.00 WIB. [OKT]

RM Video