Hilangkan Kesan Menakutkan

Puskesmas Mesti Jadi Rumah Sehat Dan Disenangi Warga

Puskesmas cilincing. (Foto : Istimewa).
Klik untuk perbesar
Puskesmas cilincing. (Foto : Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pelayanan kesehatan masyarakat yang prima, menjadi salah satu program pemerintah yang harus benar-benar dirasakan masyarakat bawah secara nyata.

Karena itulah, di Provinsi DKI Jakarta, kehadiran Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), di tingkat kelurahan maupun kecamatan, jadi ujung tombak menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan cerdas.

Di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Puskesmas Kecamatan Cilincing misalnya, sebuah Puskesmas berdiri megah di Jalan Sungai Landak Nomor 26, RT010/RW 08, Jakarta Utara. Puskesmas ini juga dikenal denganPuskesmas Cilincing II.

Berlantai 5, Puskesmas Kecamatan Cilincing mirip sebuah rumah sakit yang lengkap di tingkat kecamatan. Penggunaan Puskesmas ini diresmikan pada 4 Oktober 2017 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Djarot Saiful Hidayat.

Berita Terkait : Industri Galangan Kapal Perlu Dukungan Pembiayaan

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dr Edison Sahputra, MARS menyampaikan, di era Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ini, Puskesmas harus disenangi dan menjadi tempat yang nyaman bagi warga. Untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Kesan menakutkan itu tidak ada. Ke Puskesmas bukan hanya untuk berobat. Tapi juga untuk rileks. Memperoleh informasi kesehatan, konsultasi kesehatan, dan bisa juga tamasya warga di tingkat kecamatan,” tuturnya, ditemui di kantornya, di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Edison menekankan, kesan anker dan tidak menyenangkan harus sudah dihilangkan dari keberadaan Puskesmas. Karena itu, untuk Puskesmas di wilayah Cilincing, terus dilakukan inovasi dan pendekatan serta pelayanan masyarakat yang langsung turun ke bawah.

“Puskesmas jangan jadi rumah orang sakit. Puskesmas harus menjadi rumah orang-orang sehat. Jadi, tidak mesti karena sedang sakit baru mau ke Puskesmas.

Baca Juga : Imbas Corona, Bawang Putih Bikin Inflasi Turun 0,28 Persen

Orang-orang sehat juga banyak datang ke Puskesmas Cilincing untuk berkonsultasi, mendapatkan penyuluhan, berkunjung, bertamasya. Menjadi tempat yang nyaman bagi warga,” tuturnya lagi.

Untuk itu, Puskesmas Kecamatan Cilincing terus meningkatkan mutu pelayanannya dengan berbagai program yang langsung menyentuh masyarakat.

Setiap puskesmas di wilayah Kecamatan Cilincing, jika ada bangunan atau gedungnyayang bocor, harus segera diperbaiki.

Edison juga mengatakan, pelayanan prima itu dimulai di puskesmas-puskesmas tingkat kelurahan. “Karena itulah kita terus berbenah.

Baca Juga : Presiden dan Menkes Saja Masih Tersenyum

Yang bagus itu harus dimulai dan dilakukan di kelurahan-kelurahan. Jadi dari mulai tingkat kelurahannya kita bagusin,” ujarnya. [JON]