Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Salurkan Beasiswa Rp 12 M Sepanjang Triwulan I-2019

Klik untuk perbesar
Para siswa penerima beasiswa BRI Peduli (Foto: Dok. BRI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan I-2019, BRI telah menyalurkan bantuan CSR BRI Peduli pendidikan lebih dari Rp 12 miliar ke masyarakat. Angka ini meningkat dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar Rp  6,5 miliar. Hal ini sejalan dengan program-program pemerintah untuk melakukan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia. 
    
Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan bahwa pihaknya memang  fokus dan berperan aktif dalam penyaluran dana bantuan CSR BRI Peduli di bidang pendidikan bagi masyarakat. Khususnya bagi mereka yang kurang mampu. 

Dukungan BRI terhadap dunia pendidikan merupakan langkah nyata BUMN Hadir untuk Negeri dalam rangka mencerdaskan bangsa. Total penyaluran CSR BRI Peduli pada 2018 sebesar Rp 163 miliar yang disalurkan ke 7 sektor. Di antaranya sektor pendidikan, sektor sarana umum, sektor bencana alam, sektor pendidikan, sektor rumah ibadah, sektor bencana alam, dan sektor pengentasan kemiskinan. Dari 7 sektor tersebut, bidang pendidikan mendapatkan porsi terbesar, yakni mencapai Rp 53 miliar. 

Berita Terkait : Baznas Jadi Lembaga Penyedia Beasiswa Terfavorit

Beasiswa bagi Mahasiswa di Daerah 3T

Sebagai salah satu implementasi CSR BRI Peduli Pendidikan tersebut, BRI telah menggelar program Beasiswa Indonesia Cerdas. Program ini merupakan bantuan pendidikan dalam bentuk paket beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S1) dan Diploma 3.

Berita Terkait : KPK Siap Serahkan Penanganan Kasus di Bawah Rp 1 Miliar ke Kejagung dan Polri

Selama kurun 2018, BRI telah menggulirkan dana Beasiswa Indonesia Cerdas sebesar Rp 10 miliar untuk 2.000 mahasiswa di seluruh Indonesia. Bantuan ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 

“Kami akan memberikan dukungan berkelanjutan bagi mahasiswa berpresetasi di daerah 3T. Sebelumnya BRI juga telah bekerjasama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengadakan kegiatan Beasiswa Nusantara Cerdas,” ungkap Bambang Tribaroto dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (18/6).

Baca Juga : Mendagri dan Mendes Bahas Optimalisasi Dana Desa

Ada pun mekanisme perekrutan Beasiswa Indonesia Cerdas dilaksanakan melalui 19 Kanwil BRI di seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai Unit Kerja Pelaksana. Masing-masing Kanwil akan melakukan pemilihan 80 hingga 140 mahasiswa berprestasi dengan Index Prestasi (IP) minimal 3.00  dari skala 4.00.  Selanjutnya untuk mahasiswa terpilih akan diberikan bantuan pendidikan sebesar Rp 5 juta selama masa pendidikan berlangsung. Program ini merupakan salah satu program  CSR BRI yang berkelanjutan, akan terus hadir di tahun ini serta di tahun tahun selanjutnya. [USU]