Kembangkan UMKM, BRI Kembali Luncurkan BRIncubator di 2019

Klik untuk perbesar
Bambang Tribaroto (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM di Indonesia. Salah satunya dengan melaksanakan Program BRIncubator 2019.

Ini merupakan pelaksanaan periode ke-2 atau kelanjutan program BRIncubator. Sebelumnya BRI telah dilaksanakan di tahun 2018. 

Berita Terkait : Tanamkan Budaya Menabung Pada Siswa, BRI Hadirkan BRILink di Sekolah

Untuk tahun ini, BRIncubator diselenggarakan pada 22 Juli hingga 5 Agustus 2019 di Jakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, dan Denpasar. Pelaksanaan program BRIncubator berlokasi di Rumah Kreatif BUMN binaan BRI dan fokus untuk meningkatkan kapabilitas 100 UMKM di masing-masing kota.

Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto, mengungkapkan bahwa BRI ingin fokus pada pemberian ruang dan pendampingan melalui fasilitas yang bisa mendorong kemajuan dan berdampak pada ekonomi lokal maupun nasional. Hingga Juni 2019, BRI telah menyelenggarakan sebanyak 2.998 pelatihan kepada 314.128 UMKM binaan. Melalui program tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk memajukan UMKM Tanah Air.

Berita Terkait : Terobosan Pendidikan, Kunci Sukses Revolusi Industri 4.0

Program Inkubasi ini fokus kepada pelaku UMKM di sektor kuliner, fashion, kriya, dan perdagangan yang bertujuan memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia. Selama rangkaian kegiatan inkubasi bisnis tersebut para UMKM akan selalu dimonitor perkembangannya.

BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari workshop dan bootcamp yang akan fokus kepada peningkatan kapabilitas UMKM untuk Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global. Agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan nilai tambah yang signifikan, pelaksanaan BRIncubator juga menggandeng para pakar UMKM, baik bertaraf lokal maupun nasional. 

Baca Juga : Bank Mandiri Dongkrak Kinerja Petani Ciamis

“BRI berharap dengan program inkubasi, pelaku UMKM Indonesia dapat siap bersaing di kancah global pada era digital. Dengan pendampingan ini, sampai akhir tahun para pelaku UMKM diharapkan sudah bisa melakukan ekspor,” kata Bambang seperti keterangan yang diterima redaksi, Senin (29/7). [USU]

RM Video