Dukung AKSiMUDA, Mandiri Budayakan Nabung Sejak Dini

Klik untuk perbesar
SEVP Consumer&transaction Bank Mandiri, Jasmin (kiri), berbincang dengan mahasiswa nasabah Tabungan SIMUDA di booth Mandiri Group di sela acara AKSIMUDA di Jakarta, Selasa (30/7). (Foto: Humas Mandiri)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bank Mandiri berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam perluasan akses keuangan kepada kelompok mahasiswa dan pemuda sebagai salah satu fokus sasaran kegiatan inklusi keuangan melalui produk Simpanan Pemuda (SiMuda) RumahKu. Sejak pertama kali diperkenalkan hingga akhir Juni 2019, jumlah nasabah tabungan SiMuda di Mandiri tercatat sebanyak 5.934 rekening dengan total saldo Rp 8,36 miliar.

Menurut SEVP Consumer&Transactions Bank Mandiri, Jasmin, salah satu strategi pihaknya dalam mensosialisasikan produk SiMuda adalah menonjolkan benefit serta memberikan kemudahan akses maupun proses menabung sehingga mahasiswa dan pemuda tertarik untuk memiliki rekening SiMuda. “Sosialisasi menjadi tahapan yang cukup kritikal untuk meningkatkan penetrasi SiMuda di masyarakat. Untuk itu, Bank Mandiri ingin terlibat secara aktif dalam aksi ini, bersama pemangku kepentingan lainnya agar memberikan hasil yang masif dan inklusif,” kata Jasmin saat menghadiri acara AKSiMUDA 2019 yang diselenggarakan OJK bersama pelaku industri perbankan, di Auditorium BPPT Jakarta, Selasa (30/7).

Berita Terkait : BNI KEJAR, Cara Beda Kenalkan Sejarah Pada Siswa

Jasmin menambahkan, pihaknya sendiri berharap dapat meningkatkan nasabah SiMuda perseroan menjadi 10 ribu rekening pada akhir tahun ini melalui berbagai aktivitas sosialisasi tersebut. Pelaksanaan acara AKSiMUDA 2019 terdiri dari Relaunching Seri Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi, Peluncuran Strategi Inklusi Keuangan bagi Pemuda (Youth Financial Inclusion Strategy), Penandatanganan Kerjasama antara Dewan Nasional Keuangan Inklusif dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pengukuhan Duta Pemuda Inklusi Keuangan dan Ikrar Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Menabung. 

Acara AKSiMUDA 2019 ini turut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution; perwakilan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga; 15 Lembaga Jasa Keuangan peserta SiMuda; serta lebih dari 1.200 mahasiswa dan pemuda yang telah memiliki Tabungan SiMuda dari berbagai Lembaga Jasa Keuangan peserta SiMuda. Dalam acara puncak tersebut Bank Mandiri turut menghadirkan stand-up comedian Dodit Mulyanto sebagai public figure untuk memberikan testimoni terkait pentingnya budaya menabung sejak dini.

Berita Terkait : Mandiri Luncurkan Smart Account

Selain menghadirkan stand-up comedian, Bank Mandiri juga membagikan doorprize 10 buah e-Money edisi khusus Toy Story dengan saldo masing-masing sebesar Rp 500 ribu. Berdasarkan statistik pendidikan tinggi tahun 2018, jumlah mahasiswa di Indonesia adalah sebanyak 8,4 juta. Kondisi tersebut menunjukkan besarnya potensi menabung khususnya dari segmen mahasiswa dan pemuda. 

Melalui tabungan SiMuda, OJK dan lembaga keuangan mitra diharapkan dapat menciptakan budaya menabung sejak dini serta memberikan banyak manfaat bagi pemuda Indonesia, seperti membantu pemuda untuk belajar disiplin, mengelola keuangan secara lebih baik, serta menghindari perilaku konsumtif. Adanya kebiasaan menabung sejak dini diharapkan membuat generasi Indonesia memiliki kecakapan dalam memaksimalkan potensi asset yang dimiliki untuk mencapai kesejahteraan. [IMA]