Hasil Survei BI, Indeks Keyakinan Konsumen Juli Di Level Optimis

Klik untuk perbesar
Gedung Bank Indonesia (Foto: Ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Juli 2019 mencatat optimisme konsumen tetap terjaga. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2019 tetap berada pada level optimis, yaitu sebesar 124,8, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 126,4.

Berita Terkait : Indeks Konsumen Agustus Turun Sedikit


Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan, optimisme konsumen yang tetap terjaga ditopang oleh harapan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang membaik. “Ini terindikasi oleh Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang meningkat sejalan dengan tetap kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan ke depan,” ujarnya.

Berita Terkait : Hasil Survei BI Maret, Penjualan Eceran Terkerek

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat melemah dari bulan sebelumnya, terutama dipengaruhi oleh menurunnya keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja. Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang diprakirakan meningkat. 

Berita Terkait : Konsistensi Kebijakan BI Sukses Kendalikan Inflasi


Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 6 bulan mendatang sebesar 174,9, meningkat dari 170,3 pada bulan sebelumnya. “Peningkatan itu disebabkan oleh tingginya permintaan pada awal tahun yang berdampak pada kenaikan harga barang,” ujarnya. [DIT]