Garap Tiket MRT Jakarta

Bank DKI Bidik Transaksi JakCard 10 Juta Per Tahun

Klik untuk perbesar
Kantor Cabang Bank DKI. (Foto: Ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bank DKI mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Masyarakat bisa menggunakan uang elektronik JakCard yang dikeluarkan perseroan untuk membeli tiket MRT Jakarta.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Priagung Suprapto di Jakarta, kemarin.


Dengan bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran di MRT Jakarta, Priagung optimis bisa semakin meningkatkan daya tarik fitur uang elektronik card based yang dimiliki perseroan. “Khususnya pada sektor transportasi,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Waskita Bakal Jual 2 Ruas Tol Trans Jawa Tahun Ini

Menurut dia, penambahan fitur pembayaran MRT Jakarta pada JakCard dapat mendorong pertumbuhan jumlah pengguna JakCard mencapai hingga mendekati 5 juta pengguna. Hal itu didasarkan pada potensi bisnis MRT Jakarta yang cukup besar.

Jumlah pengguna diperkirakan mencapai hingga 173.000 penumpang perharinya. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, ia meyakini jumlah transaksi JakCard Bank DKI bisa menembus lebih dari 10 juta transaksi per tahun.


JakCard adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna moda transportasi MRT Jakarta cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang telah tersedia.

Berita Terkait : Kualitas Udara Jakarta Buruk, Warga Gugat Pemerintah

Adapun kartu JakCard Bank DKI mulai bisa digunakan di stasiun MRT Jakarta sejalan dengan jadwal operasionalnya per 25 Maret 2019. Selain MRT Jakarta, JakCard Bank DKI juga dapat dipergunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran tiket untuk program regular dan personal frequent rider Kereta Bandara.

“Langkah ini merupakan upaya Bank DKI untuk mendorong peningkatan transaksi non tunai, khususnya pada segmen transportasi,” katanya.


Selain itu, JakCard juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di Jakarta kawasan wisata publik seperti Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, dan Museum Seni & Keramik. [IMA]

RM Video