Rachel Goddard Sempat Stres Hilangkan Bekas Jerawat

Klik untuk perbesar
Rachel Goddard (kedua kanan) dan Shinta Damayanti (kedua kiri) di media gathering, di Erha Derma Clinic, Pondok Indah, Jakarta Selatan. (Foto: Merry Apriyani/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Rachel Goddard terlanjur dikenal publik sebagai selebgram yang mengawali kariernya membuat video make up tutorial di YouTube. Berkecimpung di dunia kecantikan tentu sehari-harinya wajah Rachel tak luput dari riasan.

Di balik kesempurnaan penampilan riasan di wajahnya, ternyata ibu satu anak itu sempat stres saat melakukan perawatan kulit bekas jerawat. Rachel mengaku tumpukan jerawat itu menyerang wajahnya saat dia sibuk merampungkan skripsinya.

"Menghilangkan jerawat itu lebih mudah daripada menghilangkan bekas jerawat. Kalau jerawat karena menstruasi, dikasih perawatan skincare, obat jerawat hilang. Tapi bekasnya itu yang susah sekali dihempaskan, apalagi kalau bekas itu seperti bentuk parutan atau bopeng. Sebel banget," keluh Rachel saat menghadiri media gathering di Klinik Erha Derma Center, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Jerawatnya tuh seperti biduran. Langsung banyak banget dan gatel banget. Setiap megang komputer itu mau ngetik jadi nggak bisa, langsung gatel-gatel. Terus jerawat di hidung itu banyak banget," ungkapnya lagi. Rachel mengaku bahwa bekas jerawat pada wajahnya masih membekas, hingga kini belum menghilang sepenuhnya.

Baca Juga : GIG by Indosat Siapkan Solusi Internet Sehat Dan Aman Buat Anak

Pakai Teknologi

Umumnya, luka bekas jerawat membuat wajah tampak kusam, kemerahan, atau memiliki tekstur. Shinta Damayanti, dokter kulit kecantikan dari Erha Clinic, mengatakan, jerawat merupakan penyakit peradangan kronis pada pori-pori folikel rambut yang tersumbat.

Biasanya, jerawat sering ditandai dengan terbentuknya beberapa kondisi seperti komedo, papul, dan nodul. Masalah jerawat yang sering terjadi pada umumnya berjenis akne vulgaris yang retan dialami oleh pria dan perempuan di masa remaja atau pubertas. 

"Pertumbuhan jerawat saat remaja membuat banyak orang untuk tidak melakukan perawatan maksimal. Jerawat sebaiknya segara diobati atau ditangani. Sebab jika tidak, jerawat akan berkembang dalam jangka panjang dan meninggalkan luka bekas jerawat yang sulit dihilangkan," jelas Shinta.

Baca Juga : Soal Sertifikasi Pernikahan, Menko PMK Banjir Dukungan

Luka bekas jerawat timbul seperti bopeng atau skar. Terdapat dua macam tipe dasar bekas jerawat, yaitu parut atrofi yang terdiri dari ice pick scar, rollig scar dan boxcar serta parut hipertrofik dan keloid.

"Skar jerawat biasanya berupa lekukan dangkal di kulit seperti kawah, ada yang berukuran kecil, sedang, hingga besar. Kulit tampak bolong sehingga permukaan kulit terlihat tidak mulus. Ini biasanya muncul ketika proses di kulit terjadi hingga lapisan dermis kulit," tambahnya.

Sayangnya masalah itu tidak bisa hanya diatasi dengan penggunaan skincare saja. Namun, menyamarkan bekas luka jerawat salah satunya dapat menggunaka auto microneedle atau microneedle RF.

Keduanya memanfaatkan penggunaan jarum-jarum halus untuk merangsang produksi elastin dan kolagen baru yang dapat membentuk jaringan kulit baru. Tak lupa juga untuk memasukan serum ke dalam lapisan epidermis kulit sehingga kulit yang baru menjadi lebih halus dan sehat. 

Baca Juga : Rencananya Jenazah Cecep Reza Dimakamkan di Rawamangun

Namun, letak perbedaanya, Microneedle RF menggunakan jarum-jarum halus yang berbalut emas murni 24 karat untuk dapat menghantarkan gelombang Radio Frequency yang bertujuan untuk memberikan hasil yang lebih signifikan dan permanen serta minimnya efek samping. Dan teknologi itu disediakan Erha Derma Clinic sebagai acne treatment terbaru. [MER]