Selamat Jalan Ria Irawan...

Foto terakhir yang diunggah Ria Irawan di akun Instagramnya. Ria memposting ulang foto yang diunggah suaminya, Mayky Wongkar, tepat di HUT pernikahannya yang ketiga pada 23 Desember 2019. (Foto: Instagram)
Klik untuk perbesar
Foto terakhir yang diunggah Ria Irawan di akun Instagramnya. Ria memposting ulang foto yang diunggah suaminya, Mayky Wongkar, tepat di HUT pernikahannya yang ketiga pada 23 Desember 2019. (Foto: Instagram)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kabar duka datang dari jagat hiburan Tanah Air. Aktris Ria Irawan meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) ada Senin (6/1) subuh, setelah berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya sejak tahun 2009.

Jenazah dibawa ke rumah duka di Jalan Anggrek Lestari Blok N Nomor 11, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Berita ini sontak membikin netizen berduka. Terlebih, selama ini, Ria dikenal cukup aktif di Instagram.

Ria yang baru saja merayakan hari ulang tahun pernikahan yang ketiga dengan Mayky Wongkar pada 23 Desember 2019, nyaris tak pernah mengeluh di tengah sakit yang menderanya, selalu mengisi akun Instagramnya dengan postingan yang inspiratif dan memancarkan semangat optimisme. Tak ayal, ucapan duka cita mengalir deras di akun Instagram Ria Irawan.

Baca Juga : TVRI, Buaya, dan Bola

Salah satunya, dari artis Teuku Zacky. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..turut berduka cita atas berpulangnya mba @riairawan semoga diampuni segala dosanya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT".

Senada, akun @dianingworo menulis,"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..Selamat mb Ria Irawan. Pejuang tangguh, Wanita Hebat, Another Wonder Woman that I know. Inspiration for women cancer survivor. Terima kasih sdh mau berbagi cerita dengan kami, berbagi semangat, berbagi senyum dgn kami".

Sementara akun @deu.chbag menuturkan,"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. sy juga penderita kanker dan sedikit bnyk terinspirasi dengan semangatmu utk tetap hidup, gak nyerah dan tetap ceria. Kanker bkn utk ditangisi. Hari ini perjuanganmu usai. Selamat jln ria. Insya Allah husnul khotimah dan bersih dr dosa krn Allah tlah memberimu kesempatan untuk membersihkan diri. Semoga Allah tempatkanmu dekat dengan NYA..aamiin YRA".

Sekadar latar, Ria yang merupakan anak pasangan aktor Bambang Irawan dan artis Ria Irawan, pertama kali mengalami penyakit kanker getah bening pada tahun 2009, di bagian pelvis (tulang panggul) kanan.

Baca Juga : Bahasa Tunjukkan Harga

Tahun 2014, wanita kelahiran 24 Juli 1969 itu sudah dinyatakan sembuh melalui serangkaian pengobatan kemoterapi. Namun, pada Maret 2019, penyakitnya kambuh lagi. Sel kankernya menyebar ke endometrium.

September 2019, kanker endometrium itu menyebar ke beberapa organ penting seperti kepala dan paru-paru. Massa tumor di bagian kepala menekan saraf Ria, hingga ia sulit bicara dan kehilangan keseimbangan.

Untuk mengatasi sakitnya, Ria pun dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, hingga ia menutup mata pada 6 Januari 2019.

Semasa Ria sakit, Presiden Jokowi juga memberikan perhatian kepada pemilik nama lengkap Chandra Ariaty Dewi Irawan.  Jokowi mengirim rangkaian bunga anggrek yang ditulisi ucapan doa untuk Ria, ke RSCM pada 10 September 2019.

Baca Juga : Balitbangtan Tentukan Flagship Penelitian Pangan

"Dapat kiriman bunga cantik, Terima kasih pak @jokowi & keluarga untuk kiriman bunga dan Doanya dan terimakasih juga seluruh perawat dan dokter," tulis Ria di Instagram, kala itu.

Kini, sakit yang diderita Ria tak lagi dirasakan. Ia telah kembali ke haribaan Sang Pencipta, di alam keabadian. Selamat jalan Ria...[SRI]