RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebelum ada drama Korea alias drakor, masyarakat Indonesia lebih dulu mengenal drama Mandarin alias China. Sejak tahun 1990-an, telah ada beberapa drama Mandarin yang tayang di televisi Indonesia. Di era 2000-an, boleh dibilang merupakan masa emas dari drama-drama Mandarin tersebut. Sebut saja Pendekar Rajawali, Kera Sakti, Putri Huan Zhu, dan Meteor Garden, yang merupakan drama-drama yang sangat populer dan melegenda di masa itu.         

Kualitas drama Mandarin memang terbilang unggul dari drama-drama Asia lainnya. Demi meraih rating setinggi-tingginya, para sineas di China berkompetisi untuk menciptakan sebuah drama yang memiliki kualitas, alur cerita, dan sinematografi yang mumpuni.       

Baca Juga : Pengamat: Sikap Marah-marah M Nasir Tak Etis, Coreng Citra Parlemen dan Partai Demokrat

Aksi laga dengan dinematografi yang mumpuni di serial drama Mandarin lama, dulu terlihat sangat dibuat-buat. Seperti terbang dengan benang dan efek ledakan. Di drama Mandarin modern, hal itu sudah tidak ada lagi. Kini, dengan bantuan teknologi CGI (Computer-generated Imagery), dan produksi yang mumpuni, membuat drama Mandarin modern kini lebih tersaji apik dan memuaskan mata. Seperti serial Mandarin terpopuler saat ini, “The Untamed”, yang menceritakan tentang pertempuran besar antara empat sekte besar melawan seorang Wei Wuxian.         

Dengan bantuan teknologi dan biaya produksi yang bisa dibilang tidak sedikit, membuat tiap adegan laga dalam drama ini sangat epik. Tampilan iblisnya pun sangat terlihat nyata, dan setting Nightless City dibuat dengan sangat detail.     

Baca Juga : Merawat Emosi Umat (2)

Regenerasi aktor dan aktris di drama China selalu melahirkan aktor dan aktris muda berbakat yang tampan dan cantik. Apabila dulu ada Andy Lau dan Idy Chan dalam drama Pendekar Rajawali, serta Jerry Yan dan Barbie Hsu dalam Meteor Garden, yang karena ketampanan dan kecantikannya, digandrungi oleh para penggemar, sekarang, di drama China modern kini memiliki Lai Kuanlin, mantan anggota boyband Wanna One, yang beradu akting dengan artis pendatang baru Angel Zhao, dalam serial A Little Thing Called First Love. Ada juga aktor Xiao Zhan dan Wang Yibo  di drama The Untamed. Serta aktor blasteran Thailand-China Thassapak Hsu, yang siap beradu akting dengan Wan Peng dalam drama romantis My Girlfriend is An Alien.                

Kualitas alur cerita dan genre drama drama Mandarin makin beragam. Kualitas drama China tidak hanya ditentukan oleh faktor aktor dan aktris yang tampan dan  cantik saja. Kualitas alur cerita juga harus disajikan dengan sangat detail dan mengena di hati para penggemar.         

Baca Juga : DigiKu Meluncur Bantu Sembuhkan Ekonomi

Yang membuat drama Mandarin baru ini sekarang diminati, adalah pengambilan tema yang biasa dihadapi oleh kehidupan remaja sehari-hari seperti dunia magang, bullying, dan sebagainya.       

Seiring dengan kemajuan zaman, menonton serial drama Mandarin sekarang menjadi lebih mudah. Buat kamu yang kangen ingin melihat serial drama Mandarin, dapat mengunduh WeTV yang telah dilengkapi dengan subtitle Bahasa Indonesia melalui Google Play atau App Store atau melalui desktop di https://wetv.vip. Untuk update drama Mandarin lainnya, bisa mengikuti media sosial WeTV di Instagram @WeTVIndonesia, Twitter @WeTVIndonesia, Facebook WeTV Indonesia. [USU]