RMco.id  Rakyat Merdeka - Empat tahun lalu, bintang film "Trinity, The Naked Traveller" Rachel Amanda didiagnosis menderita kanker tiroid. Gejala timbulnya sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Selang setahun, Manda menjalani operasi. Kini, kondisinya masih dalam pemantauan dokter. 

Baca Juga : BTN Pede Penyaluran Kredit Tembus Rp 15,38 Triliun

“Sembuh total, belum. Aku masih minum obat dan itu setiap pagi. Karena, kelenjar tiroid aku dua-duanya dicabut. Ada pertimbangan saat itu. Makanya untuk ‘mengganti’, aku harus konsumsi obat, selamanya setiap pagi,” ungkap Manda. Eks penyanyi cilik ini sedikit bercerita soal proses penyembuhan penyakit yang hingga kini belum diketahui pasti apa penyebabnya.  Ia mengungkap, selama ini yang paling banyak mengingatkan minum obat dan cek ke dokter adalah sang ibu.

Baca Juga : Pencegahan Penggudulan Hutan Perlu Dukungan Industri Kelapa Sawit

“Pengobatan aku memang belum sampai  kemoterapi, baru radiasi. Karena istilahnya, aku masih stadium satu. Tapi, proses radiasi saja, banyak efek sampingnya juga. Sehabis radiasi, aku nggak boleh dekat dengan orang. Karena, efek radiasi aku itu bisa bikin orang lain pusing,” katanya. 

Baca Juga : Cederanya Kambuh, Naomi Osaka Mundur dari Prancis Terbuka

Melawati fase berjuang, Manda mengaku ndableg. Manda tak terlalu memikirkan penyakitnya. Lingkungan dan keluarga yang membuat artis berusia 23 tahun ini kuat. "Tanteku kan dokter. Jadi, pas tahu aku sakit, dia langsung menelepon manajerku. Dia bilang, aku jangan dibikin stres. Aku harus happy. Terus, keluargaku kan juga banyak yang jadi dokter. Mereka paham soal medis. Jadi, aku nggak begitu panik," jelas Manda. [MER]