Amien Rais Bawa-bawa Akidah, Ruhut Sentil Perasaan Zulhas

Klik untuk perbesar
Ruhut Sitompul (kanan) (Foto: Twitter @ruhutsitompul)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Belakangan ini, Partai Amanat Nasional (PAN) makin dekat dengan koalisi pemenang Pilpres, Jokowi-Ma’ruf. Politisi seniornya, Amien Rais geram. Dia mengimbau partai berlogo Matahari Putih ini, untuk bersikap oposisi.

Kalau nekat koalisi juga, Amien bilang, itu bagai menggadaikan akidah demi kepentingan sesaat.

Berita Terkait : Amien Rais Minta 55:45, Ruhut: Sudah Merendahkan Jokowi, Nggak Malu Minta Kursi?

Mantan Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul menilai, pernyataan Amien terlalu berlebihan. Tak usahlah bawa-bawa akidah dalam urusan politik. Ruhut bahkan menyentil Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), yang juga besan Amien Rais.

"Pak Amien Rais mengatakan Koalisi PAN dengan pemerintahan Bapak Joko Widodo sama dengan menggadaikan “Akidah”, gimana ya perasaan besannya yang juga Ketua Umum PAN Pak Zul belum lagi para Deklarator PAN dan Pengurus yang Non Muslim. MERDEKA," kicau Ruhut lewat akun Twitter-nya @ruhutsitompul, Sabtu (3/8/).

Berita Terkait : Divonis Bersalah Kasus Karhutla, Menteri LHK: Justru Presiden yang Membenahi

Kicauan Ruhut mendapat sambutan netizen. Warganet juga bilang, pernyataan Amien berlebihan. "Apakah @Official_PAN yang didirikan oleh @AmienRais_ itu partai yang berbau keagamaan? Tidak sama sekali, lalu mengapa harus ada istilah gadaikan akidah? Akidah apa Pak Amien?" tanya akun @ElfanKoto. 

Netizen lainnya, menyindir Amien dengan nyinyiran. "Si Mbah sudah mulai pikun, sebaiknya istirahat dalam berpolitik, kalaupun masih tetap ingin berpolitik harap santun dijaga. Semoga beliau paham," cuit aku @BadangKarimun disambut nasihat bijak tweeps @EdaneKi. "Harusnya, orang-orang pintar dan penuh pengalaman ini lantang bersuara, berbagi ilmunya pada sesama, bahkan menggerakkan peradaban ke arah yang lebih baik."

Berita Terkait : Bicara Nasib PAN di Instagram, Amien Patahkan Maunya Zulhas

Yang lain meledek PAN, seperti akun @KenikoSpacy. "Emang PAN itu termasuk partai besar? Minimal 5 besar, partai ini urutan 8 atau no 2 dari buncit tapi koar-koar mereka di media melebihi pemenang pemilu," cuitnya ditimpali candaan @robymartin89. "Kasian mereka yang mendukung Jokowi, akidahnya digadaikan di Pegadaian."


Meski demikian, tak sedikit pula yang mendukung pernyataan Amien. "Tetaplah jadi oposisi, karena pemerintahan Pak @jokowi juga butuh kritik," saran @AzmiMaulidah senada dengan @SyafrinB. "Namanya demokrasi harus ada yang kritik jika tidak semua kebijakan kongkow-kongkow partai pendukung semua yes Bos. Justru ada oposisi demokrasi jadi hidup dan begairah NKRI akan tidak salah urus kerena ada yang mengingatkan."
 Selanjutnya