Novanto Tampil Beda, Mukanya Brewokan Hatinya Pengajian

Klik untuk perbesar
Setya Novanto berjabat tangan dengan Sofyan Basir usai bersaksi dalam sidang lanjutan kasus suap PLTU Riau-1, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, kemarin. (Foto: Antara).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ada yang beda dari Setya Novanto. Kini eks Ketum Golkar itu brewokan. Wajahnya ditumbuhi cambang dan jenggot. Novanto juga jadi soleh. Hatinya selalu diisi dengan pengajian. Selama di Lapas khusus teroris itu, eks Ketua DPR ini ngaku rajin baca ayat suci Al-Quran. 

Penampilan baru Novanto membuat wartawan yang kemarin meliput di Pengadilan Tipikor Jakarta, pangling. Novanto berada di pengadilan yang terletak di Jalan Bungur, Jakarta Pusat itu, untuk bersaksi dalam sidang suap kerja sama proyek PLTU Riau-I dengan terdakwa Sofyan Basir, eks Dirut PLN. 

Mengenakan kemeja lengan pendek biru dan celana panjang hitam, Novanto tampak tenang. Senyum ditebarnya. Ditanya alasannya memanjangkan cambang dan jenggot, dia menjawab, itu adalah oleh-oleh dari LP Gunung Sindur. 

Berita Terkait : Pantau Titik Api Riau, Nurbaya Ingatkan Perusahaan Pembakar Hutan


“Iya kan di sana (Lapas Gunung Sindur) semua teroris. Hahaha Jadi, ya, (jenggot) saya ini sebagai kenangkenangan,” tutur Novanto. “Brewok ini asli,” sambung Novanto sambil mengelus jenggotnya, untuk meyakinkan para wartawan.

Novanto sebulan berada di Lapas yang kebanyakan dihuni teroris itu, lantaran kepergok plesiran ke toko bahan bangunan mewah di Padalarang, Jawa Barat, selepas menjalani rawat inap di RS Santosa, Bandung. Novanto mengaku bersyukur karena sempat dipindahkan ke Lapas yang pengamanannya super maksimum itu. Di sana, dia jadi rajin mengaji. Novanto mengisahkan, dia baru mulai mengaji di hari ke-15. Hari pertama sampai sepuluh, dia diisolasi penuh. Hari ke 11 sampai 14, dia hanya diberi kesempatan untuk keluar atau istilahnya “angin-angin”, selama satu jam. 

“Terus di hari ke-15 bisa di masjid dan saya bersyukur yang tadinya saya baca Al Quran terbata-bata, akhirnya di sana bisa khatam mencapai 16 juz, saya bersyukur,” ungkap Setnov. 
Setelah kembali ke Lapas Sukamiskin, Novanto juga terus memperdalam pengetahuan dan ilmu agama. Dia berguru pada eks Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. Luthfi Hasan mendekam di Sukamiskin lantaran terjerat kasus korupsi impor daging sapi dan pencucian uang. 

Berita Terkait : Kantor Wapres: Kurangnya Informasi Jadi Penyebab Stunting

Dia telah divonis 18 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan penjara serta dicabut hak politiknya. “Ada itu guru spiritual saya, Pak LHI PKS, banyak belajar di sana, ada juga ditunjuk asistennya untuk memperdalam agama. Jadi, untuk bisa khatam dan terus memperdalam keagamaan, bersyukurlah saya,” katanya. 


Novanto juga mengaku berkurban pada Hari Raya Idul Fitri, Minggu (11/8) kemarin. “Ada sapi, kambing, dua ekor,” ungkapnya. Kalau soal Novanto, apapun itu, selalu ramai menjadi sorotan netizen. Termasuk, soal penampilan barunya ini. 

Beberapa netizen berprasangka buruk dengan menyebut Novanto sengaja menumbuhkan brewok agar tidak mudah dikenali ketika plesiran ke luar penjara lagi.
 “Apalin mukanya yang brewokan gaeess. Siapa tau mau keluyuran lagi dia,” cuit @Rakun24. “Yoi, indikasi siap2 kaboor nih.. hahahah,” sambung @rama_zero. Komentar-komentar lain, kebanyakan kelakar. 

Berita Terkait : Dapat Manfaat Ekonomi, Belanda Siap Promosikan E-Cert

“Pemeran Wolverine yang baru,” tulis @Jangansayur merujuk pada tokoh superhero besutan Marvel itu. “Kaukah itu Romah?” cuit @oooyyuk, merujuk pada Rhoma Irama yang berewokan. Ada juga, yang menduga Novanto mau masuk Nasdem, partai besutan Surya Paloh yang brewok. 

“Setya Novanto masuk Nasdem apa gimana nih, numbuhin brewok sekarang, buset,” tanya @mazickzer. Sementara @ikhsanXzy menanyakan obat penumbuh brewok yang digunakan Novanto. “Pak Novanto, cara numbuhin brewoknya pakai obat apa?”. 


Ada juga beberapa yang menyangka Novanto menggunakan aplikasi pengubah muka bernama FaceApp yang belakangan jadi trend di kalangan milenial. “Pakai faceapp ya?” tanya @WendyOgawa. “Iya, pakai faceapp ni,” sambung @ fbrynrmdni. Beberapa netizen lain berharap Novanto serius “hijrah”. “Moga-moga istiqomah hijrahnya pak Nov. Muka brewok, hati pengajian,” tulis @ fathurdoaibu. [OKT]
 

RM Video