Dapat Suntikan 70 M

Gibran Raja Es Doger

Klik untuk perbesar
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, kian moncer di bisnis kuliner. Bisnis es dogernya yang dilabeli Goola baru saja mendapatkan suntikan dana segar 5 juta dolar AS atau sekitar Rp 70 miliar dari investor. Netizen pun juluki Gibran raja es doger.   

Perusahaan minuman tradisional yang dibangun Gibran dan rekannya, Kevin Susanto itu disuntik modal oleh perusahaan modal ventura,  Alpha JWC Ventures. Dengan modal itu, Gibran dan Kevin siap membawa Goola go international. Konsepnya tetap minuman tradisional yang dikemas lebih modern.

“Goola tadinya didirikan sebagai bisnis kuliner konvensional, namun kami kemudian menyadari bahwa kami bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih besar,” ujar Kevin, kemarin.

Kini, Goola memiliki 5 gerai yang tersebar di pusat perbelanjaan Jakarta dan berencana membuka 15 gerai tambahan pada akhir 2019 ini. Goola juga berencana membuka 100 gerai secara keseluruhan pada 2020 dan memulai membuka toko di negara Asia Tenggara lainnya.

Berita Terkait : Nanya Syarat Pendaftaran Pilwakot Solo: Gibran, Ayo Maju !

Gibran menjamin rasa dari produknya tidak hilang. Tetap tradisional. Sekalipun, Goola akan merambah ke aplikasi yang kini sedang dikembangkan. "Adanya aplikasi adalah satu hal, tapi bagi saya, faktor terpenting tetaplah pada racikan minuman kami," kata Gibran.

Menurut Gibran, jika minuman manis dari negara lain bisa populer, mengapa minuman lokal kita tidak bisa. “Produk kami telah diterima baik oleh pelanggan. Tak hanya itu Goola mengikuti tren konsumsi minuman manis yang sedang naik daun, banyak yang bilang minuman kami membawa kembali kenangan masa kecil mereka dan mengingatkan kembali pada tradisi yang sudah lama terlupa," paparnya.


Moncernya bisnis kuliner Gibran ini langsung jadi perbincangan netizen. Di jagat Twitter, banyak yang kagum. Bisnis baru buka langsung dapat investor besar. “Aje gile, langsung disuntik 70 M, Gibran memang Raja Es Doger..,” cuit @saktihapsoro.

Bagi @InYurDream jualan Es Doger adalah out of the box. “Wawww gilaa sih di saat Indonesia minumannya dikuasai Boba"an, es Indonesia macem es doger & es cendol malah bisa menarik investor, gokil sih ini bisa bermain out the box. Proud of you Mas Gibran,” cuitnya.

Berita Terkait : Jokowi, Gibran, dan Jan Ethes Kompak Pakai Baju Bali

Moncernya Gibran bikin iri netizen. “Aku mau dong diinvest segitu buat bikin coldstorage,” cuit @KasyfaShula. “Gibran dan Kaesang sekarang punya nama yang kuat di dunia maya. Ide mereka sangat kuat dan sangat milenial. Good Job,” timpal @Marans-container.

Ada juga yang mengaku sudah mencicipi. Katanya, Es Dogernya enak. “Jumat siang kemaren pesen  @goolaindonesia  ramean temen kantor, dan kami semua berpendapat: Enak! Inovasinya Mas Gibran @Chilli_Pari warbyasak. Membawa kenangan rasa minuman tradisional dengan kemasan praktis. Gue pesen es doger,” cuit @danirachmat.

Tapi, ada juga netizen yang mencibir. Kata @Dtajir, apa iya jika bukan anak presiden, bisnis Gibran semoncer ini? “Ini si Alpha Venture pinter banget deh politiknya. Pengen nanya aja nih, kalau Goola itu pemiliknya bukan anak presiden terpilih sekarang, apa si Alpha bakal kucurkan dana 5 juta dollar?,” katanya. 

Begitu diserang, Gibran banyak yang membela. “Bukan karena anak presiden. Mereka, @GibranRakabumi jadi sorotan, tapi terlebih karena kreativitas dan inovasinya yang patut dicontoh kaum milenia,” cuit @danielgintingm.

Berita Terkait : Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 950 Meter

“Jangan iri. Orang bijak memanfaatkan keadaan, orang bodoh menyalahkan keadaan. Kalau kita jadi dia, kita yang bodoh kalau ngga manfaatin keadaan kita sebagai anak presiden,” saran @HalmercCorp. [BSH]