Menag Pimpin Sidang Isbat

Puasa Bareng, Semoga Lebaran Juga Barengan

Klik untuk perbesar
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) bersama Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher (kiri) dan Ketua MUI Abdullah Jaidi menyampaikan hasil Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1440 Hijriah yang jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019 di Kementerian Agama, Jakarta, kemarin. (Foto : Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Awal Ramadan 2019 sangat menyejukkan bagi umat Islam di Indonesia. Sebab, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah satu garis keputusan yang sama. Kedua ormas Islam terbesar di tanah air itu memutuskan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh hari ini, Senin.

Tapi, diharapkan bukan hanya awal Ramadan saja yang bareng, Lebarannya juga harus bareng.

Muhammadiyah, sebelumnya sudah menetapkan Idul fitri 2019 atau 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Sementara, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga telah memutuskan bahwa awal puasa tahun ini ditetapkan juga pada hari ini, Senin (6/5).

Keputusan PP Muhammadiyah tersebut termuat dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hisab Ramadhan, Syawwal dan Zulhijjah 1440 Hijriah.

Berita Terkait : Tolong, Korban Gempa Halmahera Selatan Butuh Air Bersih

Sedangkan, PBNU berdasarkan sidang isbat yang serta pemantauan hilal yang dilakukan sejak sore hari.

Ia menyebut ada empat titik yang berhasil lihat hilal, yakni untuk Indonesia bagian barat, di Pantai Condro Dipo, Gresik, Jawa Timur.

Selain itu, hilal juga terlihat di Tanjung Kodok Lamongan. di Pantai Gebang Pangkalan dan Pelabuhan Ratu Sukabumi oleh KH Yahya pada 17.58 WIB dengan tinggi hilal 5 derajat.


Keputusan dua ormas terbesar ini dikuatkan oleh Pemerintah melalui Menteri Agama Lukman Hakim. Kata Lukman, berdasarkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa. Awal puasa atau 1 Ramadan 1440 Hijriah disepakati jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

Berita Terkait : Tentukan Idul Fitri 2019, Kemenag Gelar Sidang Isbat Senin Depan

“Sidang Isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 Ramadan tahun 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, hari Senin tanggal 6 Mei 2019 (hari ini),” kata Menag Lukman.

Keputusan ini tentu saja membuat umat senang. Akun @muhammadiyah mengucapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, 6 Mei 2019 sudah memasuki bulan Ramadan yang artinya hari pertama melaksanakam ibadah puasa Ramadan. Jangan lupa pasang alarm sahur, supaya mendapatkan sunnahnya berpuasa,” ucapnya.

Ungkapan rasa senang puasa berbarengan juga diungkapkan oleh bekas Presiden PKS Tifatul Sembiring. Melalui akun @tifsembiring ia mengungkapkan rasa kegembiraannya. “Alhamdulillah wa syukrillah... Tampaknya awal Puasa Ramadhan 1440 H ini kita bareng,” katanya, senang.

Begitupun dengan Toni-suhardjito yang merasa Ramadan kali ini membawa kesejukan dan kedamaian. “Alhamdulillah, kompak dan saling melengkapi antara metoda rukyah dan hisab. Semoga ke depan NKRI lebih berjaya. Amin ya rabbal ‘alamin!” harapnya.

Baca Juga : Didominasi PDIP, Ini Daftar Anggota Pansus Ibu Kota Kaltim

Colenakplek berharap kekompakan NU dan Muhammadiyah bukan hanya di awalnya saja, tetapi hingga Lebaran juga bisa bareng. “?Alhamdulillah, bisa mulai bareng-bareng, mudah-mudahan ujungnya bisa bareng di 1440 H. Mohon maaf lahir & batin. Semoga kita dimudahkan dalam segala urusan dunia dan akhirat oleh Alloh Subhanahu WaTaalla. Aamiin Ya Robbal Alamin.”

Harapan agar Lebaran bisa berbarengan juga diungkapkan Masenha. “Alhamdulillah, bisa mulai bareng-bareng, mudah-mudahan ujungnya bisa bareng. Mohon maaf lahir & batin. Mari kita mulai dengan lembaran baru, sejenak kita lupakan polemik politik selama Ramadhan ini,” ucapnya.

@mardiasih bilang NU sama Muhammadiyah aja kompak mulu. Kini waktunya bagi semua orang agar menjaga kekompakan dan kebersamaan antar umat Islam. [REN]

RM Video