BNI Fasilitasi Kepulangan Pekerja Migran Indonesia dari 5 Negara

Klik untuk perbesar
Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari 5 negara yang telah difasilitasi BNI. (Humas BNI).

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, sebagai bank yang mempunyai jaringan kantor cabang dan koresponden terbanyak di luar negeri, memfasilitasi kepulangan 15 pekerja migran Indonesia (PMI) yang beruntung mudik dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di kampung halamannya.

Mereka adalah warga negara Indonesia yang bekerja di Singapura, Hong Kong, Malaysia, Korea, dan Taiwan, yang merupakan negara-negara dengan jumlah remitansi terbesar ke Indonesia.

Program ini dilaksanakan dengan tema Mudik Seru Bareng BNI 2019. Pemberangkatan para PMI yang beruntung ke tanah air itu dilaksanakan secara simultan sejak 29 Mei 2019.

Demikian disampaikan oleh Direktur Tresuri & Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo di Jakarta, Jumat (7/6). Pemberangkatan pulang kampung PMI dari Singapura dilaksanakan paling awal yaitu 29 Mei 2019.

Berita Terkait : Cerita Pimpinan Perusahaan Indonesia di Ethiopia


Terdapat 2 PMI yang mudik dari Singapura, yaitu Pertama, Lya Susilowaty mudik ke Banjarmasin. Kedua, Hartini yang mudik ke Surabaya. Kedua PMI tersebut terpilih menjadi peserta mudik karena memenuhi kriteria paling sering melakukan transaksi kiriman uang melalui MoRe (Mobile Remittance BNI Singapore) selama 3 bulan terakhir. 

Selain itu, memiliki rekening KPIS co-branding BNI dengan saldo terbanyak.  "Kami melakukan program ini sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan devisa yang selalu mengirimkan uang ke Indonesia dan membangkitkan semangat mereka untuk menabung. Kepada para pemenang dan para pemberi kerjanya, kami minta untuk menceritakan pengalaman sukses bertransaksi melalui BNI kepada teman-teman PMI lainnya via sosmed (facebook)," ujar Rico.

Adapun dari Malaysia, terdapat 3 PMI yang beruntung ikut Program Mudik Gratis BNI 2019. Ke-3 PMI tersebut mudik ke Bandung, Gresik dan Surabaya, dan mereka adalah nasabah loyal remitansi BNI yang setia mengirimkan uangnya melalui koresponden-koresponden BNI di Malaysia.

Sementara itu dari Seoul, Korea Selatan, BNI melepas 3 pemenang peserta BNI Seoul Mudik 2019. Mereka adalah perwakilan PMI, Mix Married Indonesia – Korea, dan Diaspora Indonesia di Korea.

Berita Terkait : AS-RI Diharap Investasi Komunikasi dan Kemitraan Antara Milenial

Peserta mudik dari Korea adalah Pertama, Ahmad Kusnin peserta Mudik perwakilan PMI. Kedua, Putri Purnama Sari sebagai wakil Kelompok Mix Married Indonesia Korea. Ketiga, Amalia Rizki, sebagai wakil dari Diaspora Indonesia di Korea.


Pemberangkatan dari Hong Kong dilakukan untuk PMI yang telah tergabung menjadi Agen Digital BNI. Kriteria yang ditetapkan dalam memilih Agen Digital BNI yang beruntung mendapatkan kesempatan mudik gratis tahun 2019 adalah agen yang perolehan pembukaan rekening tabungan terbanyak periode Januari - 15 Mei 2019.

Mereka juga aktif menyebarkan informasi layanan BNI kepada PMI lainnya. Ketiga Agen yang beruntung mudik tersebut adalah Kartinah tujuan Surabaya, Winda Buniyani tujuan Yogyakarta, dan Iin Nurainingsih tujuan Semarang.

Sementara itu, dari Taiwan, BNI telah memberangkatkan 3 peserta, yang juga merupakan nasabah setia layanan remitansi BNI.

Berita Terkait : Sukses Jaga Kekompakan Pegawai, Ari Askhara Tetap Dipercaya Pimpin Garuda

Layanan remitansi BNI merupakan layanan yang terlengkap dengan dukungan kantor cabang Luar Negeri BNI, bank-bank koresponden, mitra-mitra remittance company serta dukungan e-channel seperti mobile remittance dan remittance card. [SRI

RM Video