Gelar Kuliah Umum Di Uncen

PLN Tingkatkan Pengetahuan Kelistrikan Bagi Mahasiswa

Klik untuk perbesar
PT PLN (Persero) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema "PLN Bangun Negeri" di Aula Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih (FT Uncen) Jayapura, Rabu, 12 Juni 2019. Kuliah umum ini diikuti sekitar 100 peserta. [Dok. Humas PLN]

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “PLN Bangun Negeri” di Aula Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih (FT Uncen) Jayapura, Rabu, (12/06/2019).

Kuliah umum ini diikuti sekitar 100 peserta dengan rincian, 60 dari mahasiswa Program D3 Kelas Kerja Sama angkatan I-III, 10 rekrutmen PLN tingkat S1 angkatan 66, serta 20 mahasiswa Program D4 Beasiswa.

Diselenggarakannya acara tersebut untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa, generasi muda bangsa, tentang listrik, dan diharapkan dapat memahami kondisi kelistrikan di Indonesia.

Tak hanya itu, penjelasan yang dipaparkan pun menjelaskan mengenai pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan kedepan di Indonesia dan juga terkhusus di Tanah Papua.

Berita Terkait : Gandeng PLN, PGN Dongkrak Penggunaan Gas Di Sektor Kelistrikan


Executive Vice President (EVP) Talenta Development PLN Karyawan Aji memaparkan materi tentang PLN Bangun Negeri. Ia menjelaskan kepada peserta mengenai pembangunan di Indonesia terkhusus infrastruktur kelistrikan.

"Dalam membangun infrastruktur tersebut, dibutuhkan SDM yang berkompeten sehingga pembanguan dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Ia juga memaparkan, listrik menjadi faktor penting untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya, karena saat ini aktivitas masyarakat sudah sangat tergantung kepada energi listrik.

"Kami dari PLN pun terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan agar pertumbuhan dari berbagai sektor baik perekonomian, pendidikan dan yang lainnya dapat terus maju" kata Karyawan Aji.

Baca Juga : Fukuda Siap Ucapkan Selamat Untuk Ketiga Kalinya Kepada Jokowi

Pada materi selanjutnya, EVP Pengembangan Regional Maluku Papua (EVP PRMP), Eman Prijono Wasito Adi, EVP Operasi Regional Maluku Papua (EVP ORMP), Indradi Setiawan menyampaikan tentang kondisi kelistrikan di Papua dan Papua Barat, dan juga pembangunan yang akan dilakukan oleh PLN kedepannya di Tanah Papua.


“Beban puncak di Papua dan Papua Barat telah mencapai 286,67 MW dengan cadangan daya sebesar 66,05 MW. Kami juga terus melistriki pedesaan yang belum berlistrik dimana hingga saat ini desa berlistrik sudah mencapai 76,28 persen. Dalam pembangunan infrastruktur ini, PLN terus berupaya untuk memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT)” ujar Eman Prijono kepada mahasiswa.

Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo menyatakan bahwa saat ini dunia pendidikan ditantang untuk melakukan reorientasi dengan mengikuti perkembangan zaman, untuk meningkatkan kualitas SDM kedepannya.

Ia juga memaparkan untuk mengukur masa depan suatu bangsa, hanya cukup melihat generasi muda saja karena generasi mudalah menjadi faktor terpenting dalam pembangunan suatu bangsa.

Baca Juga : KPK Tunggu Ditjen PAS Kirim Daftar Nama Napi Yang Bakal Dipindah ke Nusakambangan

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang membantu Universitas Cenderawasih untuk membangun serta mempersiapkan generasi muda dalam membangun Tanah Papua. Saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0, sehingga kita harus mempersiapkan SDM yang terbaik untuk dapat bersaing di luar sana" ujar Paolo. [NOV]

RM Video