Pertamina RU V Balikpapan Berikan Santunan 300 Paket Sekolah

Klik untuk perbesar
Pertamina RU V Balikpapan memberikan santunan 3000 paket sekolah kepada mereka yang membutuhkan di sekitar area kerja RU V Balikpapan. (Foto: Humas Pertamina)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pertamina Refinery Unit V Balikpapan menyelenggarakan kegiatan program tahunan, berupa pemberian santunan paket sekolah kepada anak-anak yang membutuhkan di Masjid Istiqomah, Balikpapan, Selasa (25/6).

Santunan tersebut diberikan oleh Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) RU V Mulyono beserta jajaran manajemen RU V Balikpapan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, dan Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan, dan Ketua Forum Zakat Kalimantan Timur, dan Bazma RU V.

Mulyono selaku Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) RU V dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pekerja Pertamina RU V kepada masyarakat di area Kilang Balikpapan agar dapat meringankan orang tua / wali murid dalam menyekolahkan anaknya.

Berita Terkait : Pekerja Pertamina Jadi Guru Sehari dan Beri Bantuan untuk SD Jakarta

“Semua jenis bantuan tersebut diberikan kepada mustahik yang memenuhi kriteria delapan asnaf yang termuat didalam Al-Quran (Surat Attaubah Ayat 60). Program Santunan Paket Sekolah ini digelar dengan tema Program Peduli Pendidikan Putra Putri Bangsa Indonesia”, ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Walikota memberikan sambutan dan apresiasi kepada Pertamina. Program Santunan 300 Paket Sekolah yang diberikan diharapkan dapat berguna dan membuat semangat anak lebih rajin belajar di sekolah.

“Diharapkan, Program Santunan Paket Sekolah ini dapat memacu semangat anak-anak untuk lebih rajin belajar di sekolah dan mengarahkan anak-anak menjadi insan yang memiliki ilmu, iman, dan amal,” ujarnya.

Berita Terkait : Pertamina Proaktif Urai Antrean BBM di Sulawesi

Dalam pengelolaan Zakat Infaq, Sodaqah (ZIS) yang bersumber dari muzakki pekerja RU V, Bazma RU V diamanahkan untuk mengelola ZIS tersebut dengan menyusun berbagai program. Antara lain, bidang pendidikan yang bertujuan meringankan beban orang tua/wali murid.

Dalam Tahun Ajaran Baru ini, anak didik lulusan SD dan SMP yang menerima manfaat Program Bantuan 300 Paket Sekolah, masing-masing berjumlah 150 siswa. Seleksi untuk lolos dalam kategori penerima manfaat diserahkan kepada masing-masing sekolah, yang disesuaikan dengan asnaf dalam zakat. Bantuan yang diberikan berupa tas sekolah, sepatu, alat tulis, serta uang tunai. [HES]