Panggung Boneka, Edukasi Gizi Bagi Keluarga

Klik untuk perbesar
Kader Posyandu Bunda Koja memberikan penyuluhan gizi dan kesehatan melalui media panggung boneka, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Radar Pembangunan, di Kelurahan Rawa Badak Utara. (Foto: Humas Pertamina)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Mengedukasi kesehatan bagi masyarakat, khususnya ibu dengan anak balita bukan hal yang mudah. Ada saja kendala yang dihadapi. Mulai dari anak yang rewel, ibu yang tidak nyaman duduk berlama-lama mendengarkan penyuluhan, atau harus menemani anak bermain, ataupun tidak dapat berkonsentrasi menyimak materi yang diberikan karena repot membawa balita.

Namun, hal itu tidak terjadi di Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Ibu-ibu kader Posyandu Bunda Koja memberikan penyuluhan gizi dan kesehatan melalui media panggung boneka, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Radar Pembangunan, di Kelurahan Rawa Badak Utara.

Cara ini tidak sekadar membuat para ibu paham dengan materi yang disampaikan, tetapi juga membuat anak dan balita yang ikut bisa tenang, bahkan terhibur saat mendengarkan penyuluhan. Penyuluhan pun dikemas dengan bahasa sederhana dan mudah dicerna, agar bisa dipahami anak-anak.

Berita Terkait : Dihantam Gempa 7 SR, Fasilitas BBM Pertamina Di Malut Aman

Penyuluhan kesehatan yang dikemas dengan panggung boneka tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan Pertamina di bidang kesehatan, yakni Pertamina Sehati (Sehat Anak Tercinta dan Ibu).


Terminal BBM Jakarta Group milik Pertamina, yang beroperasi di Jakarta Utara, menginisiasi Program Pertamina Sehati dengan berbagai kegiatan. Antara lain penyuluhan gizi dan kesehatan bagi ibu dan anak, pengelolaan makan bergizi, sekaligus mendorong ekonomi masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pengembangan pengolahan makanan sehat berbahan baku ikan lele (SULE), serta pengelolaan sampah lingkungan.

"Melalui program Sehati, Pertamina berharap dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat, dan memperhatikan gizi ibu dan balita. Sehingga, secara tidak langsung mendukung upaya peningkatan gizi di Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja," kata Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region III.

Baca Juga : Jeli Lihat Peluang, Babel Kembangkan Agroindustri Tapioka dari Singkong Lokal

Peningkatan gizi menjadi perhatian Pertamina dalam upaya mendorong target Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di sekitar wilayah operasi Perseroan. Hal ini juga sejalan dengan salah satu peran Pertamina sebagai BUMN yakni mendukung keberlanjutan (sustainability). Terutama di sekitar Kelurahan Rawa Badak Utara, yang berdekatan dengan Terminal BBM Jakarta Group. Sedikitnya 48 anak dan balita di wilayah tersebut perlu mendapat peningkatan gizi. 

Berkat sinergi antara pemerintah daerah setempat, puskesmas, masyarakat dan Pertamina yang memiliki keinginan sama dalam memajukan kesehatan ibu dan balita, visi untuk perbaikan gizi di wilayah tersebut dapat mulai terwujud. 

Sebagai bentuk komitmen terhadap upaya peningkatan gizi dan kesehatan masyarakat di Kecamatan Koja, pada kesempatan yang sama, Pertamina juga memberikan bantuan Program Sehati secara simbolis kepada Kepala Puskesmas Kecamatan Koja, serta edukasi dan pendampingan program Bank Sampah kepada Lurah Rawa Badak Utara. [HES]