Cuma Sementara, Citilink Tutup 3 Rute di Kertajati 

Klik untuk perbesar
Pesawat Citilink/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Citilink Indonesia menutup tiga rute penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat. Rute yang ditutup yakni penerbangan dari dan menuju Kualanamu, Palembang, dan Denpasar. Penutupan dilakukan mulai hari ini.

Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Resty Kusandarina, mengatakan bahwa penutupan rute dilakukan karena saat ini tengah berlangsung masa low season atau musim sepi penumpang. Tingkat keterisian kursinya cukup rendah, apalagi di tiga rute tersebut. "Kami sudah lakukan evaluasi sebelumnya," katanya, di Jakarta, Jumat, (26/7).

Berita Terkait : Sepi Penumpang, Citilink Tutup Sementara Tiga Rute Kertajati


Resty menjelaskan, Citilink memang rutin melakukan evaluasi terhadap rute-rute yang dibuka. Tujuannya agar setiap rute penerbangan yang dioperasikan Citilink berlangsung dengan lebih optimal.

Citilink belum dapat memastikan kapan rute tersebut akan kembali dibuka. Namun, Citilink masih membuka layanan untuk rute penerbangan lain, seperti Kertajati-Surabaya dan Kertajati-Pekanbaru.

Berita Terkait : Bandara Internasional Kertajati Sudah Siap Layani Penumpang Pesawat, Maskapai dan Kargo

Sekretaris Perusahaan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Arif Budiman membenarkan penutupan sementara dimulai hari ini. "Iya (ditutup sementara), mulai tanggal 26 Juli 2019," katanya.


‎Menurutnya, penutupan itu hanya bersifat sementara. Alasannya, tingkat keterisian penumpang atau seat load factor rute itu dinilai relatif rendah. Ditambah lagi saat ini baru memasuki low season.

Berita Terkait : Mulai 1 Juli 2019, Lion Air Terbangi Bandara Kertajati Majalengka

Pemerintah sebelumnya memindahkan sejumlah penerbangan untuk maskapai jenis jet penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati. Pemindahan dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi bandara yang sebelumnya sempat sepi. [KPJ]

RM Video