Pegadaian dan Pelni Bekali Pendidikan Jurnalisme Bagi Peserta SMN 2019 Maluku

Klik untuk perbesar
Pembekalan dasar jurnalisme dan teknik penulisan kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN 2019) asal provinsi Maluku di hotel Pacific Ambon, Selasa (13/8). (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan kemampuan menulis para siswa, PT Pegadaian (Persero) dan PT Pelni (Persero) memberikan pembekalan berupa pengetahuan dasar jurnalisme dan teknik penulisan kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN 2019) asal provinsi Maluku di hotel Pacific Ambon, Selasa (13/8). .

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program pertukaran pelajar antar provinsi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para siswa SMA/SMK sejak dini. Melalui program ini peserta SMN 2019 dari provinsi Maluku akan diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan kegiatan kunjungan dan pembelajaran di DKI Jakarta. Sebaliknya, siswa dari Jakarta akan mengunjungi provinsi Maluku.

Berita Terkait : Maruf Amin Berharap 20 Persen Anggaran Pendidikan Dialokasikan Buat Pesantren


Kegiatan SMN 2019 Maluku dilaksanakan oleh PT Pegadaian (Persero) sebagai PIC dan PT Pelni (Persero) sebagai Co. PIC sebagai bagian dari implementasi Program BUMN Hadir untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN. Peserta SMN 2019 Maluku dipilih dari siswa-siswa berprestasi yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di provinsi Maluku.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan, kegiatan peserta SMN 2019 Maluku ini diawali dengan pembekalan pengetahuan jurnalistik dan etika komunikasi melalui media sosial.  Selain Basuki, para praktisi media dari Kantor Berita Acara yang berkedudukan di Ambon juga bertindak sebagai nara sumber dalam pembekalan ini.

Berita Terkait : Pegadaian 3 Kali Raih BUMN Sektor Keuangan Terbaik di TFI ke-15

“Hari ini peserta belajar tentang jurnalistik dan etika komunikasi melalui media sosial. Peserta wajib membagikan pengalaman mereka dalam bentuk tulisan dengan membuat artikel diary SMN," ujarnya. 


Selain itu mereka juga diharapkan menceritakan pengalamannya melalui media sosial. "Budaya internet sehat dengan etika komunikasi melalui media sosial yang baik dan bermanfaat merupakan hal penting untuk peserta," tuturnya. 

Baca Juga : Indonesia jadi Produsen Utama Gambir Dunia

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara meliputi kegiatan kunjungan yang bersifat pendidikan, budaya, maupun ekonomi agar para siswa mengenal keanekaragaman budaya serta kekayaan provinsi lain. Setelah selesai kegiatan diharapkan membagi pengalamannya kepada teman-temannya serta menginspirasi mereka untuk berpartisipasi dalam mengembangkan daerah asalnya. [OKT]

RM Video