Siswa Mengenal Nusantara 2019

BNI Ajak Siswa Kunjungi RKB dan Wisata Budaya di Kalimantan

Klik untuk perbesar
BNI mengajak pelajar dari Jawa Barat untuk mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur, pada Kamis (15/8). (Foto: Humas BNI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Memasuki hari pertama penyelenggaraan Program Siswa Mengenal Nusantara, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengajak pelajar dari Jawa Barat untuk mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur, pada Kamis (15/8).

Hal tersebut diungkapkan oleh Corporate Secretary BNI Meiliana. Meiliana menuturkan, sebagai BUMN, BNI turut mendapatkan mandat untuk membina RKB yang merupakan rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar menjadi lebih berkualitas dan memiliki daya saing.

Hingga saat ini, BNI telah memiliki 45 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berita Terkait : Rangkaian Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara Selesai, Pertamina Sambut Kembali Siswa Jatim dari Gorontalo

"Selain itu, RKB itu bertujuan agar bisnis pelaku UMKM bisa menembus pasar e-commerce. Secara rutin, RKB memberikan pelatihan e-commerce, fotografi produk, dan pengemasan produk. Hasil produksinya akan dipasarkan melalui market place milik BUMN Telkom yaitu Blanja.com.

Bila telah memenuhi syarat, BNI dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM dengan bunga hanya 7% per tahun," ujar Meiliana.

Keberadaan RKB semakin diterima masyarakat. Salah satu sebabnya adalah karena jumlah UMKM yang aktif di RKB binaan BNI pun semakin banyak.

Berita Terkait : Kenalkan Kekayaan Nusantara, AP II Kirim 27 Pelajar Kalteng Ke Palembang

Saat ini terdapat 158.783 UMKM yang terdaftar di rkb.id, dimana 2.820 UMKM diantaranya telah Go Digital (fasih teknologi digital).

Dari UMKM yang sukses Go Digital tersebut sebanyak 2.164 UMKM diantaranya telah sukses menjajakan produknya di laman blanja.com dengan jumlah transaksi sebanyak 1.907 transaksi.

Mayoritas produk yang paling banyak diminati adalah makanan dalam kemasan. BNI juga secara rutin mengikutsertakan UMKM binaan RKB BNI di acara-acara pameran ternama seperti INACRAFT, Gelar Batik Nasional, Halal Park, dan lain-lain.

Berita Terkait : Gandeng Pindad dan Dirgantara Indonesia, BNI Ajarkan Siswa Cintai Lingkungan

Salah satu peserta SMN 2019, Muhammad Ridwan mengatakan bahwa program tersebut sangat seru dan menambah wawasan baru baginya. Dirinya berharap BNI tetap aktif mendukung program SMN ke depannya.
 Selanjutnya