HUT Ke-74, Pertamina Tanam 10.000 Pohon Di Tuban

Klik untuk perbesar
Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno (kedua kiri) dan Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra (kanan) ikut aksi tanam pohon sinergi BUMN. Aksi ini yang melibatkan Pertamina, INKA, dan Waskita Karya ini dihelat di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (17/8). (Foto: Humas Pertamina)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Peringati HUT RI ke-74, Pertamina bersama masyarakat Kabupaten Tuban dan peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Gorontalo melakukan penanaman 10.000 pohon.

Penanaman pohon meliputi 5.000 pohon mangrove dan 5.000 pohon cemara laut dalam acara Coastal Clean Up yang dipusatkan di Mangrove Center Tuban, Sabtu (17/8)

Kegiatan ini merupakan bagian dari program SMN Jawa Timur 2019 pada rangkaian acara tahunan BUMN Hadir Untuk Negeri.Dalam kesempatan sama, Pertamina juga menyerahkan bantuan CSR senilai lebih dari Rp 1,2 miliar dalam berbagai bentuk program CSR, khususnya dalam memajukan bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan serta lingkungan yang diperuntukkan untuk masyarakat Tuban.

Berita Terkait : Pertamina Turun Langsung Sapa Pelanggan di SPBU

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, dalam mensukseskan peringatan HUT RI tahun ini, Pertamina bersinergi bersama para BUMN lain seperti PT INKA, PT PAL, PTPN XI dan PT Waskita Karya selaku Co-PIC serta menggandeng Pemkab Tuban, para tokoh masyarakat dan penggiat lingkungan. 

“Pertamina sebagai BUMN melalui kegiatan Coastal Clean Up dan penanaman pohon mengajak masyarakat untuk terlibat dalam aksi kepedulian lingkungan. Selain itu, melalui beragam program CSR, Pertamina berupaya untuk dapat memajukan masyarakat sebagai wujud nyata BUMN hadir untuk negeri,” ujar Fajriyah. 


Lebih lanjut Fajriyah mengatakan, bantuan CSR senilai lebih dari Rp 1,2 miliar ini meliputi beberapa program CSR. Diantaranya, program CSR Bantuan Holtikultura dan Produk Turunannya, Pupuk Organik Limbah Jagung, Pakan Ternak Limbah Jagung, Bantuan Pendidikan berupa mebelair dan perpustakaan untuk 6 (enam) sekolah, Bantuan Revitalisasi Perpustakaan SMA Mambail Huda, Beasiswa untuk 25 orang Siswa SD, SMP dan SMA, Bantuan Elektrifikasi 50 Titik Sambungan, Bantuan PKD (Pemenuhan Kebutuhan Dasar), Bantuan alat – alat kesehatan Posyandu dan Bantuan peralatan kebersihan pantai serta bibit mangrove dan cemara laut.

Berita Terkait : Air Melimpah, Petani di Jasinga Bisa Tanam Tiga Kali Setahun

Selain itu, bantuan pangan murah, pemberian makanan tambahan dan pemeriksaan kesehatan akan diberikan besok (18/8) pada Festival Merdeka Pertamina yang akan diselenggarakan di Lapangan GOR Anoraga, Tuban.

Turut hadir Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, Direktur PT INKA, Budi Noviantoro, Presiden Direktur PT Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra dan pejabat di lingkungan Pemkab Tuban.

“Melalui bantuan CSR yang diberikan semoga banyak memberikan manfaat untuk masyarakat Tuban, khususnya melalui bantuan pendidikan kami berharap Tuban banyak mencetak SDM unggul sebagai generasi penerus bangsa yang dapat semakin memajukan Indonesia,”ujarnya.

Berita Terkait : Pertamina: Stok Elpiji Di Papua Aman

Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, baik BUMN dan masyarakat Tuban atas kerjasamanya melancarkan acara BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN).

"Program BUMN Hadir untuk Negeri telah memasuki tahun ke-5 di seluruh provinsi di Indonesia. Salah satu kegiatannya, Siswa Mengenal Nusantara bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan keragaman tanah air pada siswa/i kelas XI. Pada 2019, siswa/i dari Gorontalo berkunjung ke Jawa Timur untuk menerima wawasan Nusantara, sosial budaya, pendidikan, entrepreneurship, dan pengenalan BUMN," terangnya. [KPJ]
 

RM Video