HUT RI Ke-74, Bos Telkom Jadi Pembina Upacara Di Kalimantan

Klik untuk perbesar
Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Bondan Tiara Sofyan (tengah) memberikan simbolis apresiasi kepada perwakilan siswa Program Siswa Mengenal Nusantara yang didampingi oleh Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (kedua dari kanan) dan Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN yang juga menjadi pendamping kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Kalimantan Utara Eko Setiawan usai melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Tarakan, Sabtu (17/8).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Peringati HUT ke-74, Telkom bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara, yang merupakan salah satu wilayah yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Ibukota baru nanti. 

Di acara BUMN Hadir untuk Negeri, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah didapuk sebagai pembina upacara kemeredekaan RI Ke-74. 

“Kehadiran BUMN di Provinsi paling utara Indonesia ini menunjukkan bahwa perusahaan pelat merah memiliki semangat menjalankan bela negara dengan luar biasa. Kami dari Kementerian Pertahanan sangat mendukung program ini karena program ini selaras dengan misi terkait bela negara,” ujar Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Bondan Tiara Sofyan, Sabtu (17/8). 

Berita Terkait : Telkomsel Bangun Ekosistem Digital Di Daerah Calon Ibukota Baru

Bondan berharap, BUMN bisa terus berperan memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat dan bangsa Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan.
 
Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, kehadiran BUMN Hadir untuk Negeri merupakan komitmen bersama BUMN untuk memberikan manfaat positif, serta mengajak masyarakat untuk turut serta meningkatkan semangat cinta tanah air, nasionalisme dan bela negara.
 
“Sekitar 1.300 peserta dari karyawan BUMN dan pelajar dengan hikmad dan semangat merayakan HUT RI ke 74. Kesatuan dan persatuan harus dijaga,” kata Ririek. 


Usai upacara, Telkom menyerahkan bantuan program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD). Antara lain elektrifikasi, penyediaan sarana air bersih dan MCK, bantuan renovasi rumah karyawan BUMN dan masyarakat, bantuan beasiswa serta bantuan untuk rumah ibadah hasil pelaksanaan pasar murah. 

“Di samping itu juga, diserahkan sertipikat bagi para peserta siswa mengenal nusantara yang berasal dari Kepulauan Riau,” ungkapnya .
 
Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat 

Berita Terkait : Ribuan Warga Kaltara Ramaikan Jalan Sehat BUMN

Dikatakan, BUMN Hadir untuk Negeri tidak hanya diwujudkan dalam upaya peningkatan nasionalisme dan semangat bela negara saja, namun juga diwujudkan dengan penyediaan kebutuhan-kebutuhan dasar sandang, pangan dan papan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
 
Telkom bersama Jamkrindo dan Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan elektrifikasi untuk 50 rumah, pembangunan Sarana Air Bersih di 3 titik dan 54 pintu MCK, program bantuan untuk 10 rumah karyawan BUMN dan Masyarakat dan 4.000 paket sembako pasar murah. 

Selain itu, disalurkan juga bantuan beasiswa senilai total Rp125 juta untuk 25 siswa SD, SMP, dan SMA.
 
Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN yang juga menjadi pendamping kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Kalimantan Utara Eko Setiawan berharap masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung kehadiran BUMN di daerahnya. 

“Karena selama ini kontribusi BUMN hanya dianggap penyerapan tenaga kerja, kemudian kontribusi pajak, nah sekarang ini langsung menyentuh masyarakat di paling bawah,” katanya.
 
Sehari sebelumnya, jajaran Direksi Telkom telah mengunjungi lokasi kegiatan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) di Tarakan, Kalimantan Utara. 

Berita Terkait : Jaringan Telkomsel Jangkau 90 Persen Wilayah Kalimantan


Adapun lokasi yang dikunjungi antara lain lokasi elektrifikasi di Selumit Pantai, beasiswa di SDN 035 Tarakan, SAB dan MCK di Pondok Pesantren Hidayatullah, Pasar Murah di Islamic Center Tarakan dan program Rumah Karyawan BUMN dan Masyarakat.
 
"Ke depan kami akan terus menggelar kegiatan untuk turut membantu mensejahterakan masyarakat melalui program-program CSR,” tutup Ririek. [NOV]