Tol Pejagan-Pemalang Rampung Sesuai Target

Menteri Rini Happy, Biaya Logistik Bisa Lebih Murah

Klik untuk perbesar
Menteri BUMN Rini Soemarno (paling kiri), mendampingi Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV. (Foto: @kementerianbumn)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Waskita Karya (Persero) Tbk akhirnya berhasil menyelesaikan pembangunan proyek jalan tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV di Tegal, Jawa Tengah. Peresmian operasional tol ini dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Badan Usaha MilikNegara (BUMN) Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Hadir pula Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra. 

Berita Terkait : BTN Optimis Harga Properti Bakal Naik

Presiden Jokowi menuturkan,satu demi satu konektivitas di Indonesia semakin tersambung. Ia pun menargetkan agar penyambungan tol dari ujung barat di Merak hingga ujung timur di Banyuwangi, bisa tercapai tahun ini. Melalui konektivitas jalan tol tersebut, diharapkan dapat diikuti dengan munculnya titik-titik perekonomian baru. “Saya rasa, itu kerja yang dilakukan Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR dalam membangun infrastruktur, khususnya jalan tol. Kita harapkan, bisa mempercepat distribusi barang yang semakin lancar,” tegas Presiden di Tegal, Jumat (9/11).


Menteri BUMN Rini M Soemarno juga mengapresiasi upaya Waskita Karya, dalam menyelesaikan proyek tol Trans Jawa. Khususnya pada pengerjaan Tol Pejagan - Pemalang, yang terbagi atas Seksi III (ruas Brebes Timur – Tegal sepanjang 10,4 km) dan Seksi IV (ruas Tegal – Pemalang sepanjang 26,9 km) dengan tepat waktu. Peresmian operasional seksi III dan IV ini melengkapi Jalan tol Pejagan – Pemalang seksi I dan II, yang telah diresmikan sebelumnya pada 16 Juni 2016. 

Baca Juga : Didominasi PDIP, Ini Daftar Anggota Pansus Ibu Kota Kaltim

“Ini artinya keseluruhan jalan tol Pejagan – Pemalang sepanjang 57,5 kilometer telah beroperasi. Terima kasih kepada Waskita Karya dan seluruh stakeholder, yang sudah berkomitmen penuh menyelesaikan proyek ini, sesuai dengan target yang ditetapkan,” kata Rini.  

Terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol, diyakini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Biaya logistik menjadi lebih murah, karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien. Selain itu, Rini juga meyakini kesempatan lkerja akan lebih terbuka. Praktis, kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa pun akan semakin semarak. “Saya selalu menekankan kepada BUMN, agar turut aktif dalam menangkap dan memaksimalkan setiap dampak positif dari kehadiran jalan tol. Karena hal tersebut akan memacu pertumbuhan roda perekonomian masyarakat setempat, dan memungkinkan mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik berkat adanya jalan tol,” katanya. 

Baca Juga : DPD Gembleng 32 Calon Anggota BPK

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra menuturkan, beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa ini, akan meningkatkan aksesibilitas di wilayah Jawa Tengah. “Tol ini juga akan mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi nasional secara keseluruhan,” katanya. 


Seperti diketahui, proyek Jalan Tol Pejagan – Pemalang seksi III & IV (ruas Brebes Timur –Pemalang) diperoleh Waskita pada 2015, dengan nilai kontrak Rp 3,782 triliun. Jalan Tol Pejagan – Pemalang seksi III & IV memiliki tiga Gerbang Tol (GT). Yakni GT Brebes Timur, GT Tegal, dan GT Pemalang. [IMA]

RM Video