Terangi 360 Titik Di Yogyakarta, ESDM Pake Tenaga Surya

Klik untuk perbesar
Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Harya Adityawarman memberikan miniatur PJUTS kepada Pemda Yogyakarta. (Foto : ESDM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) gencar memberikan pasokan listrik yang berasal dari tenaga surya. Hal ini dilakukan untuk memberikan akses penerangan dalam bentuk Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

Kini, giliran 360 titik Yogyakarta yang diterangi melalui tenaga surya. Pemasangan PJUTS tersebut tersebar di dua kabupaten. Antara lain, Kabupaten Gunung Kidul yang mendapatkan PJU-TS sebanyak 330 titik.

Berita Terkait : Lawan Eks Petinggi Parpol, Cucu Pahlawan Tidak Ciut Nyali


Sementara, Kabupaten Bantul mendapat 30 titik. Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Harya Adityawarman mengatakan, lampu PJUTS sejatinya sangat bermanfaat bagi jalan-jalan di daerah yang belum terjangkau listrik PLN.

"Terutama daerah terpencil dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik. Karena, lampu PJUTS ini hanya terintegrasi dengan baterai dan menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya," katanya di Yogyakarta, Sabtu (16/3).

Baca Juga : PDIP Siapkan 51 Pengacara

Sebenarnya, kata Harya, PJUTS juga dapat diaplikasikan di daerah perkotaan. "Seperti di kawasan jalan utama, jalan kawasan perumahan, kawasan industri, dan fasilitas umum lainnya," ujarnya.


Pemasangan PJUTS di kota pelajar tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah provinsi Yogyakarta. Adanya pemasangan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat Yogyakarta agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat.

Baca Juga : Digebuk Kolombia, Messi : Kami Kecewa, Tapi Masih Ada Laga Selanjutnya!

"Saya juga mengharapkan infrastruktur-infrastruktur yang telah dan akan dibangun, dapat dikelola dan dipelihara oleh pemda dan masyarakat. Agar manfaatnya dapat bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama," ucapnya.

Sekedar informasi, Kementerian ESDM telah membangun 30 ribu PJUTS yang tersebar di 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Program tersebut akan terus berlanjut, dimana tahun ini Kementerian ESDM berencana membangun 21.280 PJUTS atau setara untuk menerangi jalan sejauh 1.000 km. [IPL]

RM Video