Lewat Kampung Masdarling, Badak LNG Terus Dorong Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Klik untuk perbesar
Kemasan makanan atau oleh-oleh yang lebih ramah lingkungan, kini semakin masif digunakan di Kelurahan Gunung Telihan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Ini merupakan salah satu upaya mengurangi dampak plastik di wilayah tersebut. (Foto: Humas Badak LNG)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kesadaran mengenai bahaya sampah plastik telah meluas di berbagai kalangan, termasuk di Kelurahan Gunung Telihan Kota Bontang, Kalimantan Timur. Bahkan, masyarakat di kelurahan tersebut telah berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik, untuk mengurangi dampak sampah plastik.

Bersama Badak LNG yang merupakan bagian dari Pertamina Group, warga di kelurahan ini membentuk Kampung Masdarling atau Masyarakat Sadar Lingkungan yang memiliki sejumlah program seperti Kampung Sehat dengan jalan batu terapinya, Kampung Jajan dan Kampung Oleh-oleh yang menyajikan cemilan serta kuliner khas Masdarling, Kampung Main yang menawarkan permainan tradisional dan Perpustakaan Keliling, serta Kampung Narsis yang menjadi spot foto favorit wisatawan.

Berita Terkait : Bawaslu dan Kementerian Kominfo Kontrol Konten Iklan Politik

Pengurangan penggunaan plastik terlihat tidak hanya di kegiatan sehari-hari masyarakat, namun juga aktivitas pariwisata yang ada di kampung ini. Antara lain, penggunaan sedotan dan gelas plastik, serta penggunaan kemasan makanan atau oleh-oleh yang lebih ramah lingkungan.


Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora Putra pun memberi apresiasi positif bagi program ini, saat mengunjungi Kampung Masdarling, Senin (22/4). 

Baca Juga : Nggak Omdo, Indonesia Nyumbang 14 M Ke PBB

"Ini kegiatan yang positif sekali, membangun kesadaran masyarakat untuk bisa hidup lebih baik lagi. Membangun perekonomian. Program CSR ini dapat menjadi awal bagi masyarakat, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial mereka,” tuturnya. 
 Selanjutnya 

RM Video