Siapkan 112 Titik Layanan BBM Di Tol Trans Jawa, Pertamina Dapat Jempol

Klik untuk perbesar
dari kiri, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana saat meninjau persiapan mudik Lebaran di Rest Area SPBU 519B di Solo, Sabtu (11/5). (Foto: Nur Rochmannudin/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Jumlah pemudik yang menggunakan jalur darat diprediksi meningkat. Pertamina pun sudah menyiapkan berbagai instrumen untuk kebutuhan bahan bakar minyak. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan acungi jempol Pertamina.

Pasca meresmikan penyalur BBM Satu Harga di Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Jumat (10/5), Jonan bertolak ke Pulau Jawa. Dia didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid meninjau sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalur tol Trans Jawa (Surabaya-Semarang).

Perlu diketahui, pemerintah telah membangun tol Trans Jawa. Tepatnya dari Merak hingga Pasuruan. Di sisi lain, tingginya harga tiket pesawat membuat pemudik beralih ke jalur darat. Sehingga diprediksi jalur tol Trans Jawa bakal dipadati penumpang.

Tinjauan itu dimulai dari Surabaya dan berakhir di Semarang. Ada dua SPBU di rest area yang disinggahi rombongan. SPBU 575B di Ngawi dan SPBU 519B di Solo. "Sejauh ini persiapan Pertamina maksimal. Ada beberapa SPBU di sini. 3 SPBU besar nozzle-nya sekitar 30. Kalau tiap 100 km ada 1 SPBU, saya rasa cukup," ucap Jonan, Sabtu (11/5).

Berita Terkait : Pelanggan Dapat Voucher Jaklingko

Meski terbilang memadai, dia tetap mengimbau agar para pemudik mengisi penuh tangki bahan bakarnya. Atau setidaknya tiga per empat isi tangki. "Rata-rata penggunaan bahan bakar, mau boros atau nggak itu sekitar 10 liter. Jadi kalo ada SPBU di tiap 100 km aman lah," cetusnya.

Pertamina telah menyiapkan sekitar 112 titik layanan BBM di sepanjag jalur Tol Trans Jawa. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 mobile dipenser (mobil tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motor pengantar BBM. Bahkan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

Mas'ud menjelaskan, dari Jakarta hingga Surabaya asa sekitar 54 SPBU di jalan tol. Sedangkan kapasitas per SPBU mencapai 300 ribu kiloliter (kl). Ditambah 200 armada motor dengan kapasitas 10 kl. "Kalau dari Surabaya ke Semarang rata-rata kapasitasnya 60 tangki atau 60 kl dikali 5 produk per SPBU. Ada 5 di Jawa Timur. Di Ngawi-Semarang ada 3 SPBU, tambahan 3. Jadi ada 11 SPBU dikali 300 kl, itu yang kita siapkan," tuturnya.


Kata Mas'ud, konsumsi bahan bakar tahun ini meningkat 15-20 persen di periode Lebaran. Di sisi lain, konsumsi bahan bakar kemasan tidak sebanyak tahun lalu. Mengingat jalan tol makin lancar.

Berita Terkait : Presiden Ukraina Diusulkan Dapet Nobel Perdamaian

Adapun yang kemasan sebagian besar Pertamax karena bisa menggantikan Pertalite dan Pertamax Turbo. Jika mendesak, pihaknya akan menyiapkan Pertamina Dex.

Sementara itu, Nicke mengaku sudah mengantisipasi limpahan pemudik dari yang biasanya menggunakan pesawat. Selain karena mahal, pemudik juga ingin mencoba jalur Tol Trans Jawa.

"Karena itu kita prediksi kenaikan dari hari biasa lebih tinggi dibanding tahun lalu. Kami menambah SPBU baik yang permanen maupun temporary lebih banyak," katanya.

Selain itu, meski Pertamina memprediksi tidak ada kemacetan di jalan tol, Nicke tidak mengurangi kekuatan pasokan seperti tahun lalu. "Kami siapkan motorist seperti tahun lalu. Jadi seluruh fasilitas baik jenisnya, baik yang temporary kami siapkan," imbuhnya.

Berita Terkait : Hutama Karya Siap Resmikan Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Akhir 2019

Untuk memberi kenyamanan di wilayah tol Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya-Solo. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 7 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga.

Untuk di jalur tol Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah.

Pertamina juga menyiapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang lelah. Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya. -[MEN]