Tingkatkan Pendapatan

Wow, Garuda Jualan Koper GPS Sampai Smart Band Umrah

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan transformasi bisnis. Salah satunya, dengan meningkatkan pendapatan dari potensi brand yang dimiliki.

Direktur Kargo dan Pengembangan Bisnis Garuda Indonesia Mohammad Iqbal menyatakan, perseroan akan meningkatkan penjualan hak eksklusif atas brand Garuda Indonesia, untuk berbagai produk yang dibutuhkan traveller.

Pihak atau perusahaan yang terpilih wajib membayar di depan atas hak eksklusif sebelum memanfaatkan brand Garuda Indonesia, pada produk-produk yang dijual.

“Karena brand Garuda Indonesia, sangat kuat. Kami akan memberikan kontrak hak eksklusif kepada pihak lain. Kami akan terus meningkatkan pendapatan dari kontrak hak eksklusif ini guna memberi kontribusi terhadap revenue perusahaan,” kata Iqbal, Selasa (14/5).

Berita Terkait : Pengembangan Melati Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Banjar

Iqbal menyebut salah satu contoh penjualan hak eksklusif brand Garuda Indonesia, adalah untuk produk smart luggage.  


Dalam waktu dekat akan ada perusahaan yang merilis produk smart luggage dengan brand Garuda Indonesia. Koper tersebut, dilengkapi dengan GPS sehingga memungkinkan pemiliknya melacak keberadaan kopernya guna mengantisipasi kehilangan. 

Produk tersebut, dijual untuk masyarakat umum. Dengan smart luggage ini sekaligus memperluas layanan garuda menjadi pre hingga post journey, khususnya lauanan deivery bagasi.

Selain koper, Garuda Indonesia, juga tengah menyeleksi perusahaan pembuat Umroh Smard Band. Perusahaan yang terpilih berhak menggunakan brand Garuda pada produk gelang pintar yang dibuat.

Berita Terkait : Yuk, Ikut Kursus Online BNPB101

Produk gelang pintar itu akan banyak menyasar segmen pasar para jemaah haji dan umroh, di samping menyasar masyarakat umum.

Smart Band ini nantinya bisa memantau keberadaan jemaah, serta kondisi kesehatannya seperi tekanan darah dan detak jantung secara realtime, sera dilengkapi dengan geo-fencing. Sehingga pihak terkait bisa melakukan antisipasi atas kondisi jemaah selama beribadah di tanah suci, baik kondisi kesehatan maupun keberadaannya.

“Saat ini model bisnis seperti itu yang terus kami kembangkan, termasuk untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang,” jelas Iqbal.


Tanpa Investasi

Berita Terkait : Kepakan Sayap, 4 Pesawat Cargo Garuda Siap Ngacir Di Udara

Garuda juga terus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dalam bentuk layanan hiburan (inflight entertainment/ IFE), serta makanan dan minuman (meal) dalam penerbangan dengan menggandeng pihak ketiga. 

Untuk meningkatkan layanan ini, perseroan tidak mengeluarkan dana sama sekali. Pihak yang digandeng itulah yang akan membayar ke Garuda Indonesia

Sebagaimana diketahui, untuk makanan dan minuman di rute-rute tertentu, Garuda Indonesia telah menghadirkan hidangan dari Hoka-Hoka Bento serta masakan Padang, Sari Mande. Adapun untuk layanan hiburan, pemasoknya adalah Mahata Aero Teknologi.

“Untuk peningkatan layanan tersebut, Garuda Indonesia tidak mengeluarkan dana sama sekali. Justru vendor-lah yang membayar kami karena produknya bisa masuk ke Garuda Indonesia,” kata Iqbal. (IMA)
 

RM Video