Jika Konsumen Batalkan Penerbangan

Platform Electra & CIU Jamin Kembalikan Uang Tiket 100%

Klik untuk perbesar
Pembeli tiket pesawat kini tidak perlu khawatir, walau gagal terbang, uang tiket diganti 100% di Smart Ticket

RMco.id  Rakyat Merdeka - Konsumen yang memiliki tiket pesawat nggak perlu khawatir lagi tiket hangus ketika ingin melakukan cancel atau pembatalan penerbangan.

Uang pembatalan pembelian tiket bisa dikembalikan 100 persen jika melakukan pembelian melalui travel agent yang sudah memanfaatkan produk Smart Ticket.

Sabre Travel Network Indonesia melalui unit usahanya yang berbasis aplikasi internet, Electra bekerja sama dengan Asuransi Citra International Underwriters (CIU Insurance) meluncurkan Smart Ticket.

Corporate Secretary Sabre Indonesia, Putra Fajar Nugraha menjelaskan, Smart Ticket merupakan produk yang dirancang untuk para travel agent agar bisa memberikan perlindungan tiket penumpang pesawat dengan maksimal.

“Ini wujud dari bagaimana Electra melindungi para pelanggan yang membeli tiket lalu terpaksa melakukan refund,” kata Fajar di sela peluncuran Smart Ticket di Jakarta, kemarin.

Electra merupakan booking engine pada platform e-commerce, dilengkapi berbagai fitur yang diperlukan dalam traveling. Seperti online payment, travel insurance, travel cash, hingga pay later berupa dukungan bank nasional terhadap kebutuhan pembiayaan yang diperlukan oleh travel agent.

Berita Terkait : Pemerintah Dukung Perkembangan E-Sport Menuju Prestasi Gemilang

“Terutama dalam mengelola klien korporasinya, semuanya sudah ditanamkan dalam satu platform,” katanya.

Platform ini, kata dia, tak hanya melayani produk tiket tapi juga seluruh produk pariwisata. “Electra adalah platform untuk memudahkan para travel agent. Jadi tidak hanya tiket tapi ada hotel dan lain-lain,” imbuh Fajar.

Untuk mendapatkan tiket yang memiliki perlindungan dari Smart Ticket, maka calon konsumen harus membeli tiket di travel agent yang sudah memanfaatkan platform Electra.

“Smart Ticket adalah produk perlindungan yang melekat di tiket yang dibeli dari Electra itulah Smart Ticket,” katanya.

Pada Smart Ticket kata dia, ada proteksi perlindungan yang bisa mengembalikan tiket hingga 100 persen pertanggungan. Saat ini sudah ada 300 travel agent yang bergabung.


Ditargetkan sampai akhir tahun ini ada 5.000 travel agent yang memanfaatkan Smart Ticket. Dengan demikian, Electra bersama CIU mengajak travel agent konvensional memperkuat basis bisnis dengan memanfaatkan platform online.

Baca Juga : Pertamina Tegaskan Tidak Ada Tabung Elpiji Kadaluarsa di Pasaran

“Kita mengakomodir kebutuhan mereka jadi mereka tidak perlu investasi apa-apa lagi,” katanya.

Direktur Marketing CIU Insurance, Nickolai B Indrajasa menambahkan, untuk mendapatkan refund 100 persen uang kembali ada persyaratan atau ketentuan yang harus diikuti.

Ketentuan yang diberlakukan terkait untuk cancel sama seperti ketentuan seputar pembatalan yang berlaku pada airlines sebelum keberangkatan. Waktu untuk pembatalan tergantung kebijakan masing-masing Airlines.

“Setiap kali refund akan ditanggung oleh CIU Insurance sampai dengan 100 persen,” katanya.

Lebih dari itu, dia juga mengatakan bahwa untuk tiket promo jika biasanya tidak bisa mendapatkan pengembalian dana sepeserpun melalui Smart Ticket bisa melakukan refund.

“Refund untuk tiket promo juga ada karena jika tiket promo umumnya tidak bisa maka kami akan tanggung sampai dengan 20 persen,” tegasnya.

Baca Juga : Didominasi PDIP, Ini Daftar Anggota Pansus Ibu Kota Kaltim

Tidak hanya pergantian biaya untuk pembatalan tiket pesawat, Smart Ticket juga memberi cover jika pesawat delay mulai dari 4 jam. “Delay 4 jam nanti dicover Rp 300 ribu,” terangnya.

Smart Ticket juga memberi perlindungan jiwa bagi konsumen yang mengalami kecelakaan di sekitar bandara.

Direktur Utama Sabre Travel Network Indonesia Denny Fajar mengatakan, sering dijumpai karena ada hal yang tidak terduga memaksa para pelanggan harus membatalkan jadwal penerbangan mereka, sehingga menyebabkan para pelanggan dan travel agent mengalami kerugian.

“Produk Smart Ticket ini merupakan fasilitas bagi para pelanggan. Para pelanggan hanya cukup membayar satu premi untuk mendapatkan tiga manfaat,” ujar Denny.

Denny berharap, kehadiran dan kemudahan yang disediakan oleh Asuransi CIU ini membuat para pelaku bisnis travel dan pelanggan tidak memiliki rasa khawatir terhadap masalah pembatalan tiket pesawat, keterlambatan dan ketidaknyamanan lainnya.


“Ke depan kami terus berinovasi dalam menambah layanan dan fitur yang beragam untuk kepuasan pelanggan, salah satunya adalah paket umroh.” tukas Denny. [JAR]

RM Video