Terintegritas, Balai Hatpen Kemenhub Bebas Korupsi

Klik untuk perbesar
Pegawai Balai Layanan Umum Balai Kesehatan Penerbangan (Balai Hatpen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Balai Layanan Umum Balai Kesehatan Penerbangan (Balai Hatpen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuktikan unit kerjanya bebas dari korupsi. 

Hal ini terlihat dari Balai Hatpen Kemenhub yang masuk dalam nominasi predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kepala Balai Hatpen Kemenhub, Sri Murani Ariningsih mengatakan, untuk meraih predikat tersebut pihaknya melakukan pencanangan zona integritas, penandatanganan bersama zona integritas, dan pakta integritas, oleh seluruh jajarannya.

Hal ini juga disosialisasikan BLU Balai Hatpen kepada para pemangku kepentingan (stakeholders), antara lain, operator penerbangan, sekolah penerbangan, perusahaan pengelola bandara, AirNav Indonesia, dan instansi atau masyarakat yang terkait dengan dunia aviasi.

Berita Terkait : Wapres Ma`ruf: Pemberian Grasi Tak Berkaitan dengan Komitmen Pemberantasan Korupsi

"Dalam mewujudkan zona integritas dan siap WBK, kami berkomitmen memberikan pelayanan Prima (Profesional, Responsibility, Integritas, Mandiri, Akuntabel) tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme," katanya di Jakarta Senin (29/7).

Dalam pencanangan zona integritas, BLU Balai Hatpen secara intensif memberikan arahan kepada seluruh karyawan, termasuk honorer.

Saat ini, BLU Hatpen memiliki total 131 karyawan, terdiri dari 22 tenaga medis, 21 tenaga keperawatan, tiga tenaga kefarmasian, empat tenaga kesehatan lingkungan, seorang tenaga keterapian fisik, dua tenaga keteknisian medis, 13 tenaga teknik biomedika, serta 65 tenaga non medis.

Dari 131 karyawan itu, 87 orang karyawan BLU aparatur negara sipil (ASN) dan 44 non ASN. Sebelumnya, BLU Balai Hatpen sudah melakukan deklarasi bahwa lingkungan kerjanya merupakan wilayah bebas dari korupsi.

Berita Terkait : Iuran Naik, Kelas Turun

Dilakukan juga penandatanganan pakta integritas dan pemasangan pin bagi seluruh pegawai di lingkungan BLU Balai Hatpen.

Menurutnya, seluruh pegawai memang berkomitmen untuk menjadikan lingkungan kerja BLU Balai Hatpen sebagai WBK, selaras dengan kegiatan anti korupsi yang digencarkan Pemerintah.

Sejak ditetapkan sebagai BLU pada tahun 2016, Balai Hatpen terus meningkatkan pelayanan, peran, dan fungsinya, untuk mendukung moda transportasi udara di bidang kesehatan penerbangan.

Selama tahun 2018, jumlah personel yang melakukan medical examination (medex) sejumlah 29.350 personel, sementara sampai 30 Juni 2019 jumlahnya 13.461 personel.

Baca Juga : Hari Ini Pidato Politik, SBY On Lagi

"Salam dan semangat Prima menjadi dasar bagi kerja kami dalam melayani dengan hati untuk mendukung transportasi udara selamanya selamat, aman, dan nyaman," jelasnya.(KPJ)