Jokowi Dijadwalkan Resmikan Pabrik Mobil Esemka Besok

Pabrik PT Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jateng, Kamis petang (5/9). (Foto: Antara/Bambang Dwi Marwoto)
Klik untuk perbesar
Pabrik PT Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jateng, Kamis petang (5/9). (Foto: Antara/Bambang Dwi Marwoto)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jumat (6/9). 

Presiden Direktur Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya membenarkan, pabrik itu akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. “Iya, peresmian pabrik, rencananya seperti itu," kata Eddy, Kamis (5/9).

Berita Terkait : Jokowi Mau Naikkan Usia Pensiun Prajurit TNI Jadi 58 Tahun

Sementara, berdasarkan pantauan Antara dari luar pabrik PT Esemka, di Desa Demangan Boyolali, Kamis petang, terlihat sejumlah manajemen pabrik, aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri tampak lalu lalang di sekitar pabrik mempersiapkan acara peresmian yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

Sejumlah petugas satuan pengaman yang tidak mau disebut namanya, berjaga-jaga di pintu masuk halaman melarang media masuk untuk masuk ke halaman pabrik otomotifEsemka. Lampu di dalam pabrik seluruhnya terlihat menyala terang. Sejumlah mobil keluar masuk halaman pabrik persiapan panitia untuk menyambut kedatangan RI 1.

Berita Terkait : Disanjung Jokowi dan BG, Sandiaga Tak Geer

Petugas yang menjaga pabrik juga  membenarkan bahwa Presiden Jokowi akan meresmikan pabrik ini, pada Jumat (6/9), sekitar pukul 10.00 WIB. Petugas keamanan baik dari Paspampres dan dibantu anggota TNI dan Polri telah melakukan pemeriksaan sejak Rabu (4/9) hingga Kamis ini. Petugas melakukan pemeriksa seluruh ruangan pabrik Esemka yang akan digunakan untuk acara.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk tahap awal Esemka akan fokus pada untuk memproduksi kendaraan niaga ringan. Bima 1.2 dan 1.3 yang sama-sama menggunakan mesin bensin akan menjadi model pertama yang dilepas ke pasar. Harganya akan dibanderol mulai Rp 150 jutaan. [DIT]

Berita Terkait : Jokowi Datang, Kapal China Tinggalkan Natuna