Kereta Lama Dibikin Keren dengan Berbagai Inovasi

HUT ke-74, KAI Luncurkan Kereta Istimewa

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dan Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro saat meresmikan Kereta Istimewa di Balai Pusdiklat, Bandung, Sabtu (28/9). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka).
Klik untuk perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dan Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro saat meresmikan Kereta Istimewa di Balai Pusdiklat, Bandung, Sabtu (28/9). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, usia PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI genap 74 tahun. Salah satu event spesial yang menandai perayaan HUT BUMN perkeretaapian ini, adalah peluncuran Kereta Istimewa di Balai Pusdiklat, Ir. H. Djuanda, Jl. Laswi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/9).

Kereta ini diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akrab disapa BKS, dan Direktur KAI Edi Sukmoro.

Diawali dengan pengguntingan pita, pemecahan kendi, penyiraman air ke badan kereta sebagai tanda syukur, serta peniupan peluit dan pengangkatan semboyan 40 berupa papan hijau tanda kereta berangkat oleh BKS.

Berita Terkait : Kereta Api, Solusi Ekosistem Transportasi Bangsa

"Kereta Istimewa ini merupakan suatu bentuk inovasi, yang terus dilakukan oleh PT KAI. Ini merupakan kereta yang sudah tidak terpakai, kereta lama. Dengan inovasi, kita buat jadi eksklusif," ujar BKS.

Di tempat yang sama, Edi Sukmoro menambahkan, layanan kereta istimewa ini cocok digunakan untuk berbagai event. Mulai dari acara bisnis, hingga acara keluarga.

"Kereta Istimewa cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga dan lain sebagainya,” ujar Edi.

Baca Juga : Supaya Makin Kinclong, Lippo Karawaci  Tunjuk CFO dan CIO dari Perusahaan Fortune 500

Kereta Istimewa yang merupakan hasil transformasi dari kereta diesel (KRD) yang sudah tidak terpakai ini, terdiri dari dua kereta berkapasitas total 40 penumpang.

Jadwal kereta komersial privat ini dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.

Dalam tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untuk jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang.

Baca Juga : Imbas Corona, Bawang Putih Bikin Inflasi Turun 0,28 Persen

Kereta Istimewa ini memiliki fasilitas seperti ruang rapat, lounge, mini bar, karaoke, mushola, dan toilet. [HES]