Telkomsel Gelar The NextDev Summit

(dari kiri) Komisaris Telkomsel Yose Rizal, Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Prof. Dr. Widodo Muktiyo S.E.,M.Com dan Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying saat meresmikan acara The NextDev Summit 2019 di Jakarta, Sabtu (7/12). (Foto: Telkomsel)
Klik untuk perbesar
(dari kiri) Komisaris Telkomsel Yose Rizal, Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Prof. Dr. Widodo Muktiyo S.E.,M.Com dan Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying saat meresmikan acara The NextDev Summit 2019 di Jakarta, Sabtu (7/12). (Foto: Telkomsel)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel menggelar The NextDev Summit untuk menghasilkan banyak startup baru. Pada acara tersebut, Telkomsel menobatkan tiga startup muda terbaik yaitu Ravenry, Ibunda, dan Crowde yang mendapatkan sejumlah hadiah dan berkesempatan mengikuti program inkubasi The NextDev Academy di 2020. 

Acting CEO Telkomsel, Heri Supriadi mengatakan, The NextDev telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya Telkomsel dalam mewujudkan ekosistem digital secara menyeluruh dan berkelanjutan di Indonesia. Untuk itu, Telkomsel dengan bangga mengucapkan selamat kepada Ravenry, Ibunda, dan Crowde atas keberhasilannya menjadi startup yang terbaik pada The NextDev Summit 2019. 

“Semoga kesuksesan ini menjadi awal yang baik untuk semakin menginspirasi negeri melalui dampak sosial positif yang mampu diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tiga startup terbaik Ravenry, Ibunda, dan Crowde merupakan peserta The NextDev Talent Scouting 2019, sebuah ajang pencarian startupdigital di seluruh Indonesia yang telah berlangsung sejak April hingga November tahun ini. Atas keberhasilannya itu, ketiga startup tersebut akan mendapatkan hadiah berupa 5G (Grant Money, Great Mentors, Generate Exposures, Good Opportunities, dan Golden Ticket to The NextDev Academy) untuk mengembangkan solusinya agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas. Selain itu, 24 startup yang telah berhasil masuk ke babak final juga berkesempatan mengikuti The NextDev Academy di tahun 2020.

Baca Juga : Tes Fisik Jadi Menu Perdana TC Timnas Indonesia U-16

Tidak hanya menjadi ajang puncak dari The NextDev Talent Scouting 2019, The NextDev Summit juga merupakan konferensi teknologi yang menghubungkan para pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang. Mulai dari tech-enthusiasts, startup, komunitas, hingga investor. Mengusung tema “Spark the Change”, The NextDev Summit 2019 hadir untuk mengakselerasikan semangat dalam memberikan perubahan berarti melalui kolaborasi dari para pemain-pemain kunci di bidang digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate mengatakan, Indonesia membutuhkan banyak talenta digital untuk bertransformasi menjadi bangsa digital sehingga tidak tertinggal dari negara-negara lain. “Kami sangat gembira The NextDev mampu mendukung sejumlah inisiatif pemerintah, termasuk Gerakan 1000 Startup dan NextICorn, dalam membantu menciptakan ekosistem digital secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujarnya.

Di samping itu, kata dia, pemerintah telah berupaya membangun infrastruktur yang memadai melalui penyelenggaraan fiber optic, BTS, satelit, dan penataan spektrum untuk teknologi 5G. Dia mendorong, para talenta digital untuk terus berkreasi dan menghasilkan inovasi-inovasi yang tidak hanya berkembang di dalam negeri, namun juga bisa menembus pasar internasional. “Sehingga kita bisa menjadi pemenang di sektor ekonomi digital,” katanya.

Bersamaan dalam acara The NextDev Summit, Telkomsel meluncurkan The NextDev Hub, yaitu sebuah tempat untuk mewadahi kolaborasi dan konektivitas bagi startup digital dari berbagai tingkatan pertumbuhan bisnis sebagai inisiatif terbaru Telkomsel untuk mendorong akselerasi industri kreatif digital Indonesia di masa depan. The NextDev Hub akan menjadi titik referensi dan rujukan utama berbagai pihak yang ingin berkolaborasi dengan para startup digital Indonesia, baik BUMN, institusi komersial, atau investor, dari Indonesia maupun dunia internasional. 

Baca Juga : Bos ADP Group, Prancis Kena Coronavirus

The NextDev Hub yang berlokasi di BSD City dirancang untuk berperan sebagai center of excellence yang menjadi penghubung industri kreatif digital Indonesia dengan pusat inovasi digital utama di seluruh dunia. Kemudian, di ajang konferensi ini juga terdapat puluhan sesi kelas dengan mentor-mentor yang terkemuka dan kompeten di bidangnya masing-masing, seperti William Tanuwijaya (Founder & CEO Tokopedia), Ernest Prakasa (komedian dan sutradara), serta Fluxcup (creative content creator). 

Selain itu, Telkomsel juga membawa pengalaman uji coba teknologi 5G di The NextDev Summit yang menggunakan frekuensi 28 GHz sesuai ijin uji coba yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Uji coba teknologi 5G ini dihadirkan dengan berkolaborasi bersama Huawei sebagai salah satu mitra strategis Telkomsel yang telah berpengalaman sebagai penyedia perangkat dan teknologi jaringan.

Telkomsel menghadirkan berbagai use-case 5G yang terdiri dari 5G Artificial Intelligent (AI)-based Smart City with Intelligent Operation Center, 5G Cloud Virtual Reality (VR) and Gaming Industry, 5G Smart Airport Ground Handling, 5G Smart Education, 5G Safe City, 5G Smart Agriculture, dan 5G Smart Finance. 

Melalui use-case 5G tersebut, kata Heri, Telkomsel memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk melihat dan mencoba secara langsung sejumlah penerapan 5G di industri maupun sebagai penunjang pada kehidupan digital di masa depan. Menurut dia, Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada 2020 dan di Asia pada 2025, dengan ekonomi digital menjadi salah satu kontributor terbesar atas pencapaian tersebut. 

Baca Juga : Kemenkop Jamin Perlindungan dan Kemudahan Usaha UMKM Di Omnibus Law

“Maka dari itu, The NextDev Summit diharapkan dapat mendorong Telkomsel melalui The NextDev untuk bisa menjadi akselerator ekosistem startup digital terbesar di Indonesia agar mampu semakin maksimal dalam menghadirkan dampak sosial positif dari ekosistem digital yang merata dan berkelanjutan bagi masyarakat di seluruh negeri,” tutup Heri. 

Sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel pada pilar Masyarakat Digital, The NextDev secara konsisten membantu memecahkan masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan memberdayakan wirausahawan muda dalam membangun solusi kreatif berbasis teknologi. Sejak digelar pada 2015, ribuan aplikasi telah dihasilkan oleh startup-startup yang telah mengikuti program pelatihan The NextDev. 

Inisiatif ini pun, kata Heri, terus memperluas rangkaian acaranya agar dapat mengakselerasikan terciptanya ekosistem digital secara keseluruhan dan berkelanjutan di Indonesia, seperti The NextDev Talent Scouting, The NextDev Academy, Telkomsel On The Mission, The NextDev Hub, dan The NextDev Summit. [DIT]