Matchamu Dongkrak Popularitas Teh Matcha

(Dari kiri) Winner Of MasterChef Season 5 Stefani Horison, Tea Executive Officer Matchamu Lintang Wuriantari, dan Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri. (Fajar El Pradianto/RM)
Klik untuk perbesar
(Dari kiri) Winner Of MasterChef Season 5 Stefani Horison, Tea Executive Officer Matchamu Lintang Wuriantari, dan Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri. (Fajar El Pradianto/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tak hanya kopi, rupanya teh juga menjadi lifestyle banyak masyarakat di Indonesia. Seperti jenis teh Matcha yang merupakan turunan dari teh hijau. Salah satu merek teh Matcha di Indonesia, Matchamu melakukan sosialisasi seputar Matcha di tengah masyarakat.

Tea Executive Officer Matchamu, Lintang Wuriantari mengungkapkan budaya minum teh di Indonesia sangat tinggi. Teh sebetulnya di tengah masyarakat sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak kalah dari kopi.

"Tidak kalah dari kopi. Kalau kita lihat misalnya di tempat makan, orang makan apa saja minumnya teh. Ini sudah menjadi tren," ujar Lintang saat ditemui Rakyat Merdeka di acara talk show Matchamu di Jakarta, Selasa (14/1).

Dalam acara tersebut juga menghadirkan Winner Of MasterChef Season 5 Stefani Horison dan Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri. Gaya hidup meminum teh belakangan mulai banyak mengalami perkembangan hingga muncul tren baru yaitu teh Matcha. Perkembangan Matcha yang diklaim pesat ini menginisiasi Matchamu bareng komunitas Matcha untuk menetapkan 14 Januari sebagai Hari Matcha Nasional.

"Ini jadi bukti keseriusan dan dukungan Matchamu terhadap budaya minum matcha kita menetapkan 14 Januari sebagai Hari Matcha Nasional," jelasnya.

Baca Juga : KPK Terus Buru Harun Masiku

Lintang mengungkapkan, berdasarkan riset yang dilakukan pihak Matchamu, tercatat bahwa pencaharian Matcha di internet mampu mengalahkan tren kopi. Alasannya kopi sudah banyak orang tahu sedangkan Matcha terus berkembang hingga membuat orang penasaran.

"Pencaharian Matcha sudah lebih banyak dibrowsing ketimbang jenis kopi. karena memang kopi sudah sangat banyak," ungkapnya.

Winner Of MasterChef Season 5 Stefani Horison berharap Matchamu tidak hanya menjual produk sachet. Tapi bisa membuka banyak kafe khusus dengan menu andalannya adalah minuman Matcha serta makanan yang menggunakan Matcha.

"Kalau bisa sih punya banyak kafe atau kedai sendiri. Matcha juga bisa diolah dengan campuran lainnya buat dimakan, jadi nggak sekedar minuman," kata Stefani Horison.

Di era milenial ini, matcha bisa diolah lebih casual sebagai flavour baru di Jepang. Di Indonesia bisa menirunya karena rasanya enak. Seperti menjadi ice cream, wafer, latte, pancake, hingga soba noodle.

Baca Juga : Eks Wakil Jaksa Agung Bela Tersangka Jiwasrayagate

Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri menjelaskan, mulanya matcha dinikmati di Jepang sebagai negara asalnya sebagai minuman ceremonial. "Di Jepang itu biasanya disajikan dalam upacara-upacara meditasi di kalangan bangsawan," kata Ratna.

Seiring perkembangan zaman, teh ini mulai digemari banyak negara hingga Indonesia. Sekarang matcha sudah memasyarakat di Indonesia. Selain menjadi trend layaknya kopi dan cokelat, matcha juga sudah turut menyehatkan konsumsi harian penikmatnya.

"Kandungan Matcha yang populer itu antioksidannya yang unik karena dapat memberikan calming dan menambah fokus saat otak bekerja. Semua bahan teh diminum karena menjadi serbuk," jelas Ratna.

"Berbeda sekali dengan teh seduh yang hanya airnya saja tapi daunnya tidak. Kalau Matcha kan semuanya diminum," imbuhnya.

Sementara itu, dalam acara acara ini Stefani juga membuat olahan resep yang menggunakan Matcha. Tak ketinggalan juga sahabat-sahabat per-matcha-an Indonesia turut serta memeriahkan dengan hidangan-hidangan cantiknya, seperti Indomilk dengan Matcha dan Hojicha Latte-nya. Ada juga uji Matcha dengan varian dessert matcha, dan lainnya.

Baca Juga : Dewas KPK Susun SOP Pengawasan dan Kode Etik Pimpinan

Acara ditutup dengan varian es krim matcha-hojicha-dan sakura dari Threefolks Creamery yang bisa dinikmati oleh para undangan. Lintang menambahkan, Matchamu belajar banyak hal baik salah satunya dari bagaimana matcha dihasilkan.

Value inilah yang selalu dijaga dengan konsisten. "Dari awal Matchamu lahir hingga menjadi skala besar saat ini serta bereksplorasi memperluas lini produk," katanya. Lini produk matcha antara lain Banana Latte, Pineapple Latte, Mango Latte, Sakura Latte, Chai Latte, Choco Latte, Pineapple Latte, Teh Tarik, Thai Tea dan Read our Velvet Latte. [JAR]