Dompet Dhuafa Luncurkan Aplikasi Barzah

Peluncuran aplikasi Barzah. (Foto: ist)
Klik untuk perbesar
Peluncuran aplikasi Barzah. (Foto: ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dompet Dhuafa meluncurkan aplikasi Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah) untuk memudahkan mereka yang tengah tertimpa duka. Pelayanan Barzah meliputi memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan.

Direktur Budaya, Dakwah dan Layanan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Shonhaji mengatakan, biasanya mereka yang dirundung duka kebingungan memulangkan jenazah sanak saudaranya, lantaran ketiadaan akses mobil jenazah. Fenomena tersebut terjadi ketika masyarakat sulit mengakses mobil jenazah karena berbagai macam persoalan yang ada.  

Baik informasi dan akses yang tidak sampai, biaya yang tidak terjangkau dengan kondisi ekonomi, bahkan keterbatasan mobil jenazah. Sehingga, kata dia, ada beberapa kasus jenazah dibawa sendiri oleh sanak saudaranya dengan kendaraan yang tidak layak untuk membawa jenazah. 

Berita Terkait : Dompet Dhuafa Berhasil Himpun Dana Rp 378,58 Miliar

Peristiwa-peristiwa tersebut, kata dia, menginspirasi bagi Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi Islam untuk mengajak siapapun memberikan pelayanan kepada masyarakat pada aspek pemulasaran jenazah. Maka pada 2012 Dompet Dhuafa menghadirkan program Barzah. Di 2020 ini,  Dompet Dhuafa meluaskan sebaran manfaatnya dengan menggandeng kemitraan dan menghadirkan aplikasi Barzah di platform ponsel pintar. Launching aplikasi berlokasi di Masjid At Tin, Jakarta Timur. Jumat (24/1).

“Ternyata kebutuhan masyarakat akan kendaraan jenazah tinggi sekali. Ditambah keterbatasan armada jenazah yang kami miliki. Sementara di sisi lainnya, masyarakat yang memiliki armada jenazah, kurang memaksimalkan pemanfaatannya. Akhirnya kami berkolaborasi dengan masjid, instansi, mitra-mitra kita, dan menggandengnya menjadi mitra Barzah,” katanya.

Menurut Ustaz Ahmad, upaya tersebut untuk memudahkan akses layanan Barzah kepada masyarakat bedasarkan wilayahnya. Dompet Dhuafa memfasilitasi pemanfaatan mobil jenazah milik masyarakat agar berfungsi maksimal yang kita sebut sebagai Mitra Barzah. 

Berita Terkait : Pemerintah Matangkan Opsi Evakuasi WNI Dari Wuhan

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan jenazah, Dompet Dhuafa juga menghadirkan aplikasi Barzah. Dengan banyaknya mitra, maka semakin luas sebaran manfaat dan masyarakat yang menikmatinya,” ujarnya.

Dengan hadirnya aplikasi Barzah maka kehadiran 41 mitra barzah dan optimalisasi armada jenazah tersebut bisa mempercepat, serta mempermudah masyarakat mendapatkan manfaatnya. Layanan jenazah sejak Juni 2012 hingga Desember 2019,  telah melayani pemulasaran jenazah sebanyak 4.039 Jenazah. 

Barzah juga telah menjangkau pelayanan ke 7 provinsi dan 58 Kota atau Kabupaten. Menurut data Barzah Dompet Dhuafa, pada 2019, ada 5 besar sebab kematian dari periode Januari hingga Desember 2019 yakni komplikasi 160 jenazah, jantung 136 jenazah, stroke 65 jenazah, diabetes 58 jenazah serta paru-paru 50 jenazah.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Semua berhak mendapatkan pelayanan barzah  dengan mudah,  bahkan melalui aplikasi. Aplikasi tersebut di awal kehadirannya ini,  tak berbayar alias gratis. Namun,  Dompet Dhuafa selaku developer aplikasi menyiapkan kolom infak bagi masyarakat yang ingin berinfak atas layanan tersebut. “Kedepannya kami mengajak para donatur untuk meningkatkan aplikasi layanan barzah agar semakin luas manfaatnya dan menjangkau semua lapisan masyarakat,” ujarnya. [DIT]