Pelindo III Klaim Pelayanan Sandar Pelabuhan Makin Cepat

ilustrasi pelabuhan Pelindo III. (Foto: ist)
Klik untuk perbesar
ilustrasi pelabuhan Pelindo III. (Foto: ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo III mengklaim pelayanan sandar kapal di pelabuhan makin cepat dan efisien. Hal ini terjadi karena adanya aplikasi Vessel Administration System and Automation (VASA).

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama PT Pelindo III, Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standardisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III. Menurutnya, proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.

Berita Terkait : Pelindo III Bangun Tempat Upacara Melasti

Bukan itu saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan seperti Planner Modul yang berfungsi untuk menstimulasikan bagaimana planner (khususnya tambatan) dapat melakukan perencanaan ploting tambatan dan penjadwalan kapal yang akan digantikan serta Real Time Monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data real time yang ada di dalam VASA.

"Aplikasi VASA sudah terintegrasi langsung dengan layanan Terminal Operating System (TOS) barang dan petikemas serta portal customer punya kita yang telah beroperasi sebelumnya. Jadi memudahkan pengguna jasa. Bisa melakukan perencanaan atau planner panjang masa tambat kapal," katanya dalam keterangan resminya, Sabtu (1/2).

Doso Agung menjelaskan, aplikasi VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan sehingga bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing. "Yang juga memberi manfaat, aplikasi ini terkoneksi dengan Automatic Identification System (AIS) sehingga kita bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan," jelasnya.

Berita Terkait : Pimpinan KPK Klaim Telah Terbitkan 50 Surat Perintah Penyadapan

Dirinya menilai, layanan ini juga merupakan bukti kesiapan Pelindo III membangun sistem pelayanan dengan baik dan memiliki database mumpuni sehingga siap menjadi terdepan dalam pelayanan di bidang operasi kepelabuhanan di Indonesia

PT Anugerah Pasific Jaya, salah satu pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya mengatakan, aplikasi VASA memudahkan pihaknya dalam mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat. Apalagi dengan VASA hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel.

“VASA lebih memudahkan kita sebagai pengguna jasa di Pelindo III di mana semua rencana dan monitoring kegiatan sandar dan bongkar muat bisa kita lakukan di mana saja dan cukup menggunakan smartphone. Ini membuat lebih efisien dari sisi waktu dan tenaga kami. Selain itu, koordinasi juga lebih mudah karena semua dilakukan menggunakan sistem," kata Sulton, pegawai PT Anugerah Pasific Jaya. [KPJ]