Disebut Bawa Penumpang Kena Corona, Garuda Kandangkan GA 858

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Foto: net)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Foto: net)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Garuda Indonesia meng-grounded pesawat GA 858 rute Denpasar-Shanghai untuk proses inpeksi lebih lanjut. Karena, beredar informasi penumpang di dalam pesawat terinfeksi virus corona.

Untuk diketahui, salah satu penumpang asal China di penerbangan tersebut saat ini terjangkit corona. Penumpang berangkat dari Wuhan menuju Denpasar menggunakan Lion Air dan enam hari kemudian pulang ke Wuhan dari Denpasar menggunakan pesawat Garuda Indonesia tersebut.

Berita Terkait : Demi Atasi Corona, Jokowi Hormati Saudi Tangguhkan Umroh

Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Tumpal M. Hutapea menjelaskan, pesawat yang dipersoalkan pada 28 Januari 2020 itu, telah melakukan proses inspeksi lebih lanjut berupa disinseksi kabin pesawat. "Disinseksi armada tersebut dilakukan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfectant di kabin pesawat untuk memastikan kebersihan dan aspek higienis kabin pesawat. Proses disinseksi tersebut juga dilakukan di area kargo pesawat," katanya, Jumat (14/2).

Maskapai pelat merah tersebut juga mengganti filter alat penyaring udara high efficiency particulate arresting (HEPA) yang merupakan fitur kelengkapan baku armada yang dioperasikan Garuda. Hal tersebut berfungsi untuk mematikan virus dan bakteri di kabin pesawat. Seluruh pesawat Garuda Indonesia saat ini telah dilengkapi dengan fitur HEPA tersebut.

Berita Terkait : Diserbu Virus Corona, Italia Karantina 12 Kota

Tumpal mengatakan, langkah standar keselamatan tersebut perlu dilakukan menyusul dengan peningkatan corona di sejumlah negara. Awak pesawat Garuda yang bertugas pada rute China juga melakukan prosedural pemeriksaan kesehatan rutin di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara pada saat sebelum dan setelah bertugas untuk memastikan kesehatan awak pesawat.

Ia menuturkan upaya antisipasi juga dilakukan oleh pihak otoritas bandara melalui melalui profiling dan pengecekan seluruh penumpang yang akan melaksanakan penerbangan di bandara. Tumpal menjelaskan, penumpang dari dan menuju rute China telah melalui prosedur profiling dan pemeriksaan kesehatan oleh otoritas terkait di bandara.

Berita Terkait : Virus Corona Sudah Sampai Iran, Korbannya Ada Dua

"Kami juga merekomendasikan penggunaan alat penunjang kebersihan seperti masker dan hand sanitizer bagi penumpang dan awak pesawat yang melaksanakan perjalanan pada rute dari dan menuju China," ucapnya. [KPJ]