Lana Soelistianingsih Calon Kuat Kepala LPS

Ilustrasi LPS. (Foto: ist)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi LPS. (Foto: ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Nama Lana Soelistianingsih dipastikan menjadi calon kuat Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menggantikan Fauzi Ikhsan.

Sebelumnya sempat beredar informasi Menteri Keuangan Sri Mulyani mengusulkan dua kandidat Kepala Eksekutif (LPS) kepada Presiden Jokowi. Kedua nama itu; Direktur Strategi dan Investasi di PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat dan ekonom Universitas Indonesia (UI) Lana Soelistianingsih.

Budi Hikmat sebelumnya masuk dalam paket pencalonan Kepala Eksekutif LPS bersama Arief Budiman, Dirut PT Danareksa (Persero). Namun, kedua nama tersebut tidak disetujui oleh Jokowi.

Berita Terkait : Sah, Lana Soelistianingsih Jadi Kepala Eksekutif LPS

Nama Lana sendiri sudah tidak asing di dunia perekonomian nasional. Ekonom  UI ini juga pernah menjadi ekonom di Samuel Securities. Dia juga pernah menjabat sebagai asisten peneliti untuk Boston Institute of Economic Development (BIDE) di Lexington, MA, USA. pada tahun 2005.

Berdasarkan UU LPS tahun 2004 Pasal 65 ayat 2 memang disebutkan bahwa anggota dewan komisioner LPS diangkat oleh Presiden atas usul Menteri Keuangan. Namun segala keputusan memang hak prerogatif Presiden.

Sementara itu, Anggota Komisioner LPS Didik Madiyono ditunjuk merangkap jabatan sekaligus sebagai pelaksana tugas sementara Kepala Eksekutif LPS menggantikan Fauzi Ichsan yang menyelesaikan masa jabatannya pada awal 2020 ini.

Berita Terkait : Kepala BPS Minta Semua Pihak Waspada

Fauzi Ichsan menjabat sebagai Kepala Eksekutif LPS berdasarkan Keputusan Presiden No. 158/M tahun 2015 tanggal 21 September 2015.

Sebelum menduduki jabatan tersebut, Fauzi adalah Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sejak 31 Desember 2014 dan merangkap sebagai Plt. Kepala Eksekutif LPS sejak 19 Maret 2015.

Sementara Didik Madiyono efektif menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS pada 7 Oktober 2019, yang diangkat Presiden RI berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 56/M Tahun 2019 tanggal 2 Oktober 2019 menggantikan Destry Damayanti yang telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Berita Terkait : Jumlah Rekening Simpanan di LPS Naik 9,4 Persen di Tahun 2019

Saat dikonfirmasi, Sekretaris LPS Muhamad Yusron mengatakan belum ada Keputusan Presiden terkait dengan penunjukkan Kepala Eksekutif LPS yang baru.

"Sampai saat ini Presiden belum menetapkan Komisioner Eksekutif LPS pengganti. Kami belum mengetahui secara pasti calon yang diusulkan,” ujarnya. [DWI]