Tekan Kerugian Akibat Corona, Insentif Maskapai Akan Diberikan 1-2 Hari Ini

Budi Karya Sumadi (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Budi Karya Sumadi (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan akan segera memberikan insentif kepada maskapai dalam waktu dekat. Paling lambat 1-2 hari ini.      

BKS, sapaan akrab Budi Karya, mengatakan, insentif itu diberikan untuk menekan kerugian maskapai akibat menurunnya jumlah penumpang akibat virus corona. "Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) sudah setuju, nanti diumumkan, akan ada subsidi dari pemerintah langsung ke operator maskapai, mungkin untuk tujuan-tujuan wisata," katanya, di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Senin (17/2).       

Berita Terkait : Corona Ngamuk Utang Numpuk

Menurutnya, setelah insentif itu diberikan baik itu bandara maupun maskapai penerbangan untuk memberikan potongan harga kepada penumpang. Dengan cara ini, diharapkan industri pariwisata dalam negeri diharapkan bisa kembali bergairah. "Sehingga ruang-ruang yang ditinggalkan oleh turis China bisa teratasi," ujarnya.       

Menhub mengakui, kebijakan penutupan sementara penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di China telah berdampak negatif pada industri penerbangan di Indonesia. Namun, dia yakin persoalan tersebut akan segera teratasi.       

Berita Terkait : Wabah Corona Tak Ganggu Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Itu nanti akan diumumkan dan bisa berlaku dalam 1-2 hari ini. Sehingga kita dapat kemudahan dengan harga yang lebih murah," ungkapnya.      

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan melakukan penundaan penerbangan ke maupun dari seluruh destinasi China, tidak termasuk Hong Kong dan Macau, hingga batas waktu yang tak ditentukan. Penundaan berlaku mulai 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB. [KPJ]