RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) mempercepat penerapan digitalisasi SPBU. Selain memberikan manfaat kepada konsumen berupa peningkatan kepastian takaran,  digitalisasi juga diharapkan mampu meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

Hal itu disampaikan Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid dalam peresmian SPBU Tol Medan-Tebingtinggi KM 65 di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (17/2). Dalam kesempatan itu, turut hadir Direktur Utama PT Pertamina Retail Sofyan Yusuf, SVP Retail Marketing Business Jumali, General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Gema Iriandus beserta jajaran, EVP Telkom Regional Sumatera 1 Ketut Budi Utama, dan perwakilan muspida Serdang Begadai.

"Saat ini tidak ada operator yang menguasai pasar sampai 50 persen. Pertamina mampu melayani sampai 80 persen pangsa pasar di Indonesia. Ke depan, kita bersaing di pelayanan dan kemudahan. Termasuk, digital," ujar Mas'ud.

Berita Terkait : Gandeng Bank BJB, Bank Universal BPR Genjot Penyaluran Kredit Untuk UKM

Untuk itu, pihaknya terus menggenjot penerapan digitalisasi SPBU. Dari total lebih dari 5.000 SPBU yang akan digitalisasi, saat ini sekitar 3.000 sudah terlaksana. Sisanya akan dikebut hingga 2020 ini.

Melalui digitalisasi SPBU, penyaluran BBM dari tiap nozzle atau selang SPBU dapat tercatat secara akurat, dan mendekati waktu faktual. Sehingga, konsumen mendapatkan manfaat peningkatan kepastian takaran.

Di samping itu, Pertamina juga dapat meningkatkan pengawasan atas penyaluran BBM karena sistem ini terintegrasi secara nasional, hingga dapat dimonitor di pusat.

Berita Terkait : Naturalisasi 4 Atlet Disetujui DPR, Menpora Harap Timnas Makin Kuat

"Termasuk SPBU KM 65 A dan B yang kita resmikan hari ini. Jumlah penyaluran serta kondisi stok, bisa saya monitor dari ruang kerja. Transaksi non tunai menggunakan aplikasi MyPertamina yang didukung LinkAja, juga sudah bisa. Konsumen juga bisa langsung ikut program Berbagi Berkah MyPertamina," kata Mas'ud.

Program Berbagi Berkah MyPertamina (BBM) memberi apresiasi kepada pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina seperti Perta Series, Dex Series, Elpiji 12kg, serta Bright Gas. Konsumen berkesempatan membawa pulang beragam hadiah menarik. Antara lain mobil Porche Boxster, beragam moge, puluhan pasang paket umroh dan  paket wisata Eropa, serta kiloan emas batangan. Tidak hanya hadiah utama, konsumen bisa menikmati hadiah saban minggu dan hadiah bulanan.

Sementara itu, Sofyan mengatakan bahwa SPBU KM 65 A an B berada di bawah manajemen Pertamina Retail. "Ke depannya SPBU ini juga akan ditambahkan swalayan mini Bright Store dan restoran. Hal ini untuk memberi kenyamanan kepada pelanggan yang membutuhkan istirahat saat melakukan perjalanan di tol," jelas Sofyan.

Berita Terkait : Digitalisasi Pasar Rakyat, Kemendag Gandeng OVO

Berbarengan dengan peresmian SPBU, Pertamina juga memberikan santunan senilai Rp 25 juta bagi anak yatim di sekitar SPBU KM 65. Juga bantuan pendidikan bagi SD Negeri 105417 Tanah Raja dan Pondok Pesantren Toyifah Almansurah senilai total Rp 100 juta.

Untuk informasi program BBM 2020 dan mekanisme lebih lanjut, pelanggan dapat mengakses akun media sosial Instagram @mypertamina, website mypertamina.id, aplikasi MyPertamina, serta Pertamina Call Center 135. [HES]