KAI Raih Penghargaan Iconomics CSR Brand Equity Award 2020

Penghargaan Gold Brand Equity Award in Transportation Services diterima secara simbolis oleh Executive Vice President Corporate Secretary KAI, Agus Komarudin di Jakarta, Kamis (27/2). (Foto: Dok. KAI)
Klik untuk perbesar
Penghargaan Gold Brand Equity Award in Transportation Services diterima secara simbolis oleh Executive Vice President Corporate Secretary KAI, Agus Komarudin di Jakarta, Kamis (27/2). (Foto: Dok. KAI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebagai perusahaan BUMN yang ditugaskan menjadi operator kereta api di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berperan aktif dalam pengembangan sistem transportasi berbasis rel agar dapat menjangkau pelosok nusantara.

Bukan hanya itu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial KAI juga berperan aktif memberikan bantuan dengan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang banyak memberikan pengaruh positif bagi masyarakat Indonesia.

Bantuan-bantuan yang diberikan KAI diantaranya pembangunan infrastruktur (rumah ibadah, sarana pendidikan, sarana umum).

Selain itu, KAI juga mendukung pelestarian lingkungan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon di berbagai wilayah. Tidak hanya aktif dalam upaya pembangunan infrastruktur dan pelestarian lingkungan, KAI juga turut aktif dan tanggap memberikan bantuan pada peristiwa bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, dan tsunami.

Berita Terkait : KIBIF Raih Penghargaan Top Brand Award 2020

“Saat ini KAI terus berupaya memberikan kontribusi dalam pengembangkan infrastruktur terkait transportasi berbasis rel bagi masyarakat indonesia.

Selain itu, kami juga turut mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan bantuan dan pembinaan kepada UMKM, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan menjaga pelestarian lingkungan di berbagai wilayah,” ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Atas keseriusannya KAI dalam upaya memberikan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, Kamis (27/2) bertempat di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, KAI mendapatkan penghargaan dari Iconomics Research and Consulting pada gelaran Iconomics CSR Brand Equity Award 2020.

Penghargaan yang didapat yaitu kategori Gold Brand Equity Award in Transportation Services. Penghargaan tersebut diterima secara simbolis oleh Executive Vice President Corporate Secretary KAI, Agus Komarudin.

Berita Terkait : Cetak Generasi Cerdas Berakhlakul Karimah, Pertamina Rehab Bangunan SD Inabatul Quran Dumai

Hal tersebut merupakan bukti bahwa CSR KAI memberikan dampak positif terhadap masyarakat. Salah satu kegiatan CSR andalan KAI yakni kontribusi nyata terhadap perkembangan dunia kesehatan dan pendidikan di Indonesia.

“Saat ini kami memiliki Rail Clinic dan Rail Library sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan dan pendidikan masyarakat. Rail Clinic & Rail Library difungsikan untuk menjangkau masyarakat yang berlokasi sekitar rel KA di pelosok namun sulit mengakses fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Rail Clinic memberikan fasilitas pelayanan kesehatan umum seperti tindakan bedah minor, pengobatan, pemeriksaan kehamilan dan lainnya,” tambahnya.

KAI juga memberikan fasilitas tambahan dengan Rail Library berupa perpustakaan dengan beragam buku bacaan. Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak.

Baca Juga : Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gorontalo, Fadel Cerita Usulan Amandemen UUD 1945

Iconomics CSR Brand Equity Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai terdepan dalam bidang CSR.

Proses penilaian dimulai pada Januari 2020 dengan melibatkan 10 ribu responden dan memiliki kriteria penjurian cukup ketat.

"Penilaian menggunakan index 100 sebagai nilai maksimum. Penerima CSR Brand Equity-Gold Award adalah perusahaan yang mendapatkan nilai akhir dengan index di atas 70,” ujar Founder & CEO Iconomics, Bram S. Putro. [SRI]