Pertamina Buka Kesempatan Wirausaha untuk Mahasiswa Riau

Pertamina Buka Kesempatan Wirausaha untuk Mahasiswa Riau
Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) menyambangi Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru, Riau.

Pertamina membuka kesempatan pihak kampus untuk menumbuhkan semangat dan mencetak wirausahawan (enterpreuneur) dari kalangan mahasiswa dan civitas akademika UIR.

VP CSR and SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita tiba di Kampus UIR Pekanbaru, Riau pada Jumat (28/2), dan disambut langsung oleh Wakil Rektor II Dr Ir H Asrol M.Si serta para pejabat kampus dan dosen UIR Pekanbaru.

Terkait hal ini, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kehadiran Pertamina di Kampus UIR menjadi perhatian khusus, dalam upaya mengedepankan pendidikan. Sesuai amanat pemerintah untuk menciptakan SDM unggul Indonesia.

Berita Terkait : Pertamina Suntik Modal Wirausaha Hingga Rp 2 M di Wilayah Region III

"Program tanggung jawab sosial dan lingkungan Pertamina terdiri dari 4 pilar, yakni pendidikan, kesehatan, kemandirian dan lingkungan. Sejalan dengan membangun SDM yang unggul, Pertamina mengedepankan program yang terkait pendidikan dan kemandirian ekonomi," jelas Fajriyah.

Menurutnya, di universitas, banyak sekali potensi kemandirian usaha. Banyak entrepreuneur yang bisa dikembangkan.

"Pertamina berharap, bisa diterima oleh UIR. Sehingga, bisa membantu membangun entrepreuneur dan penciptaan lapangan kerja," ujar Fajriyah.

Saat ini, Pertamina sedang menggalakkan kemandirian ekonomi. Karena itu, para mahasiswa UIR diharapkan bisa tertarik dan menjadi enterpreneur muda, yang bisa menggairahkan perekonomian di Riau.

Berita Terkait : Puskepi: Tiket Pesawat Mahal Bukan Karena Avtur

"Kami menawarkan kepada UIR, untuk mengadakan seminar dan pelatihan kewirausahaan, dalam rangka membangkitkan minat para mahasiswa. Kita juga akan datangkan narasumber dan motivator, bahkan pelaku usaha yang kompeten, untuk memompa semangat para mahasiswa," kata Fajriyah.

Bahkan, Pertamina mengundang para mahasiswa dan civitas akademika Kampus UIR yang ada di 'Bumi Lancang Kuning' ini, untuk mengirimkan proposal kegiatan kewirausahaan yang hendak dibangun.

Kegiatan tersebut dikemas dengan nama 'Kampuspreuneur'.

"Kompetisi Kampuspreuneur ini menantang para mahasiswa, untuk menyusun proposal bisnis. Sebanyak 20 proposal terbaik akan diberi CSR modal usaha dan pendampingan, oleh mentor yang kompeten dari Pertamina. Semoga, ini bisa jadi pendorong mahasiswa UIR untuk menjadi enterpreuneur muda yang sukses," tutur Fajriyah.

Berita Terkait : Pertamina Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-anak Tuban

Pihak kampus UIR menyambut baik kedatangan dan mengapresiasi tawaran dari Pertamina.

Wakil Rektor II UIR Dr Ir H Asrol M.Si mengatakan, kampusnya memiliki 27 ribu mahasiswa aktif dari 84 program studi yang ada.

"Tawaran Pertamina sangat cocok dengan semangat UIR, sedang menyiapkan soft skill mahasiswa semester 2 hingga 6 untuk kemandirian. Di UIR, sudah ada kegiatan membentuk calon wirausahawan baru. Jadi, kita antusias menyambut dan akan kita tindaklanjuti. Kami sangat mengapresiasi, dan akan memberikan dukungan yang besar untuk mencapai target peningkatan SDM mahasiswa dan lulusan UIR," papar Asrol. [HES]