RMco.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) terus menyiapkan sarana pendukung kendaraan listrik. Salah satunya dengan meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di daerah Jawa Timur.

Peluncurannya dilakukan di Kantor PLN ULP (Unit Pelayanan Pelanggan) Embong Wungu, Jalan Dr. Soetomo No 42, Surabaya, oleh Wakil Rektor IV Institut Teknologi Surabaya (ITS) Bambang Pramujati dan General Manager PLN UID Jatim, Bob Saril.

Baca Juga : Mandiri Salurkan Rp 12,05 Triliun Dana PEN UMKM

“Ini adalah upaya PLN untuk memanfaatkan listrik dalam kegiatan sehari-hari dan mendorong industri yang bersifat low cost, sehingga kendaraan listrik akan semakin banyak penggunaannya," ujar Bob.

Dilanjutkannya, SPKLU ini juga dalam rangka dukungan PLN terhadap Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Baca Juga : Penumpang Transjakarta Meninggal Mendadak, Halte Slipi Petamburan Ditutup

Lebih lanjut diterangkannya, SPKLU tersebut merupakan medium charging, artinya tidak terlalu cepat tidak terlalu lambat.

SPKLU ini dipasang untuk pemilik-pemilik kendaraan listrik yang ada di Surabaya yang nantinya dapat digunakan sehari-hari. Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati juga mengapresiasi PLN yang telah menyediakan SPKLU di Surabaya.

Baca Juga : Tak Jadi Jubir Covid-19 Lagi, Posisi Achmad Yurianto Digantikan Prof Wiku Adisasmito

“Terimakasih PLN kontribusinya untuk perkembangan teknologi di Indonesia,” ungkapnya.

Peresmian tersebut adalah rangkaian dari kegiatan konvoi kendaraan listrik diantaranya 1 Mobil Tesla, 1 Mobil Alap - Alap karya ITS, 50 motor Gesits & 20 Migo sekaligus uji coba pengisian daya mobil listrik Tesla sebagai tanda diresmikannya SPKLU tersebut. [NOV]