RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan untuk konsisten melakukan upaya pencegahan virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, mengungkapkan, usaha perseroan mencegah penyebaran virus corona terus dilakukan di seluruh bandara yang dikelola.

"Berbagai upaya yang telah dilakukan tidak hanya ditujukan bagi para penumpang, tapi juga untuk seluruh pegawai dan stakeholder terkait di lingkungan Angkasa Pura I," ujarnya dalam siaran persnya, kemarin.

Berita Terkait : AP I Genjot Pelayanan Di Bandara Kelolaan Agar Berkelas Dunia

Ada sederet upaya pencegahan Covid-19 bagi para penumpang dilakukan Angkasa Pura I. Yang pertama, bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di tiap bandara untuk melakukan pengetatan pemeriksaan bagi penumpang internasional, melalui pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner.

Kedua, membuat lokasi parkir pesawat yang terisolasi (isolated parking stand) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali jika terdapat penjemputan warga negara China.

Upaya ketiga, penyediaan help desk di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk melayani calon penumpang yang melakukan reschedule tiket pesawat.

Berita Terkait : Masker Scuba Nggak Ampuh Cegah Virus Corona, Ini Alasannya...

Keempat, mendukung pelayanan antar calon penumpang dengan tujuan China dari hotel ke bandara yang bekerja sama dengan stakeholder pariwisata di Bali.

Hal ini semata bertujuan untuk menunjukkan hospitality bagi stakeholder pariwisata Bali ke mata dunia internasional.

Kelima turut aktif dalam menyosialisasikan mengenai bahaya Virus Corona dan pencegahannya kepada seluruh penumpang di 15 bandara yang dikelola melalui penayangan _digital poster_ pada _giant wall_ (LCD besar) di area publik dan media sosial.

Berita Terkait : Awas, Ledakan Kluster Kantor

Keenam, membuka posko penanganan Virus Corona, salah satunya di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Terakhir ketujuh, melakukan simulasi penanganan suspect yang tertular virus corona di beberapa bandara kelolaan. [JAR]