Raih Predikat Leader, Telkom Berhasil Bangun Daya Saing

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Achmad Sugiarto (kedua kiri) menerima predikat Telkom sebagai Industry Leader dalam ajang BUMN Performance Excellence Award 2020 di Jakarta, Rabu (4/03). Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (kedua kanan) disaksikan Ketua Umum Forum Ekselen BUMN, Agung Yunanto (kiri)
Klik untuk perbesar
Direktur Strategic Portfolio Telkom, Achmad Sugiarto (kedua kiri) menerima predikat Telkom sebagai Industry Leader dalam ajang BUMN Performance Excellence Award 2020 di Jakarta, Rabu (4/03). Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (kedua kanan) disaksikan Ketua Umum Forum Ekselen BUMN, Agung Yunanto (kiri)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Telkom berhasil meraih pencapaian tingkat kinerja ekselen, yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang ditetapkan Kementerian BUMN sejak 2012. 

Ini merupakan wujud apresiasi kepada BUMN yang memiliki kinerja ekselen dan berdaya saing melalui intergrasi berbagai sistem manajemen. 

Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto menyampaikan rasa terima kasih kepada Forum Ekselen BUMN atas apresiasi yang diberikan serta kepada seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal. 

“Penghargaan ini merupakan wujud kalibrasi yang sangat penting bagi Telkom yang tak henti berinovasi. Bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital guna mempertahankan keberlangsungan perusahaan dengan terus memperkuat dan meningkatkan bisnis digitalnya,” ujar Sugiarto. 

Baca Juga : Dirjen PPKL Kumpulkan NGO dan Kepala Dinas LHK Bahas Indeks Kualitas Lingkungan

Ia mengatakan, saat ini Telkom telah melakukan berbagai inisiatif untuk mempercepat pertumbuhan bisnis digital, sejalan dengan perluasan infrastruktur jaringan backbone digital dan jaringan akses digital di seluruh Indonesia. 

“Telkom terus memperkuat bisnis digital yang meliputi konektivitas, pengembangan platform digital dan penyediaan layanan digital. Hal ini tentunya diharapkan dapat terus meningkatkan daya saing dan kinerja ekselen Telkom ke depannya,” ungkapnya. 

KPKU BUMN merupakan salah satu strategi inisiatif Kementerian BUMN untuk mendukung performa BUMN melalui perbaikan dan peningkatan kinerja secara kesisteman dan berkelanjutan menuju kinerja kelas dunia. 

Konsep KPKU diadopsi dan diadaptasi dari MBCfPE (Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence) yang mengacu pada Global Best Practice yang dikembangkan dan dikelola oleh National Institute of Standards & Technology (NIST), pemerintah Amerika Serikat (AS) dan telah diadopsi berbagai negara di dunia. 

Baca Juga : Menkes Inggris Positif Virus Corona

Setidaknya, sekitar 100 BUMN telah diases oleh tim asesor KPKU untuk mengetahui posisi daya saing perusahaan berdasarkan kinerja tahun asesmen tersebut. 

Selanjutnya, KPKU membagi Excellence Level dalam 8 bagian. Mulai dari terendah Early Development (ED), Early Result (ER), Early Improvement (EI), Good Performance (GP), Emerging Industry Leader (EIL), Industry Leader (IL), Benchmark Leader (BM) dan yang tertinggi World Class (WC). 

“Penghargaan ini tidak lepas dari kontribusi seluruh karyawan yang bekerja cepat dan cerdas demi memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerjanya untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital kelas dunia,” tutupnya. 

Diketahui, Telkom kembali meraih predikat sebagai Industry Leader dalam ajang BUMN Performance Excellence Award (BPEA) yang diselenggarakan Forum Ekselen BUMN (FEB) di Jakarta, Rabu (4/3). 

Baca Juga : All England, Kevin/Markus Ngebet Pertahankan Gelar

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza kepada Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto, Ketua Umum Forum Ekselen BUMN Agung Yunanto serta Pemimpin Redaksi Infobank News Eko B. Supriyanto. [NOV]