Survei Konsumen Februari 2020

BI: Optimisme Konsumen Terjaga, Ekspektasi Terhadap Kondisi Ekonomi 6 Bulan Ke Depan Positif

Ilustrasi perilaku konsumen (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi perilaku konsumen (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Februari 2020 menunjukkan, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap positif.

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tetap berada pada level optimis (di atas 100), yaitu 117,7.

Berita Terkait : Optimisme Konsumen Tetap Terjaga

Namun, optimisme tersebut tidak sekuat bulan sebelumnya, yang mencapai IKK 121,7.

"Optimisme konsumen yang terjaga positif pada Februari 2020, ditopang oleh persepsi konsumen yang tetap baik terhadap kondisi ekonomi saat ini, dan ekspektasi kondisi ekonomi ke depan," demikian keterangan resmi Bank Indonesia (BI), Senin (9/3).

Baca Juga : Sore Ini, PM Muhyiddin Akan Umumkan Susunan Kabinet Baru Malaysia

Pandangan positif konsumen terhadap kondisi ekonomi sekarang, terutama terkait kondisi penghasilan saat ini dan kemampuan untuk membeli barang tahan lama. Meski optimismenya juga tidak sekuat bulan sebelumnya.

BI juga menjelaskan, konsumen tetap berekspektasi positif terhadap kondisi ekonomi 6 bulan yang akan datang. Baik terkait penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kondisi kegiatan usaha.

Baca Juga : Rashford Beli Rumah Buat Ibu

Hasil survei memprediksi, pengeluaran konsumsi untuk 3 bulan mendatang (Mei 2020) akan mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari indeks prakiraan konsumsi rumah tangga 3 bulan mendatang, yang meningkat dari angka 162,6 pada bulan sebelumnya, menjadi 165,5.

Peningkatan tersebut didorong oleh permintaan yang diprakirakan akan meningkat, memasuki bulan puasa Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri. [HES]