Dirut BGR Logistics Sabet The Most Inspiring CEO dalam iCIO Award 2020

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo (kiri), saat menerima penghargaan sebagai The Most Inspiring  CEO dalam ajang iCIO Award 2020. (Foto: Dok. BGR Logistics)
Klik untuk perbesar
Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo (kiri), saat menerima penghargaan sebagai The Most Inspiring CEO dalam ajang iCIO Award 2020. (Foto: Dok. BGR Logistics)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo, mendapatkan penghargaan sebagai The Most Inspiring CEO dalam ajang iCIO Award 2020. Penghargaan diterima berdasarkan atas sejumlah inovasi dan transformasi yang dilakukan selama memimpin BUMN yang bergerak sebagai penyedia jasa logistik tersebut.

Kuncoro mengungkapkan bahwa penghargaan yang diterima dalam ajang iCIO Award tersebut, merupakan pengakuan stakeholder atas transformasi digital yang dilakukan BGR Logistics. Selain itu, capaian tersebut juga merupakan usaha bersama seluruh karyawan BGR Logistics untuk menghadapi era digital.

Baca Juga : RSPI Sulianti Saroso Isolasi 2 Pasien Baru Covid-19

Kuncoro menjelaskan, persaingan bisnis logistik yang sangat ketat membuat perlu dilakukannya diferensiasi layanan yang diberikan kepada pelanggan. Untuk itu, BGR Logistics memposisikan diri sebagai Digital Logistics Company, seiring dengan inovasi digital yang dilakukan untuk memperkuat bisnis. Inovasi digital tersebut antara lain dengan telah dimilikinya sistem pergudangan yang disebut dengan Warehouse Integrated Application (WINA) dan sistem armada, Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA).
 
Kuncoro juga melihat peluang bisnis logistik yang menyentuh pangsa pasar retail. Bisnis logistik tersebut dibangun dengan sebuah platform aplikasi yang dinamakan BGR Access. Aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam hal membuang barang bekas elektronik yang sudah rusak maupun yang sudah tidak digunakan.

“Aplikasi ini juga tengah dikembangkan untuk layanan pembuangan minyak goreng bekas dan oli bekas. Proses logistik yang terjadi kita menyebutnya sebagai reverse logistics,” terang Kuncoro, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (11/3).

Baca Juga : Phapros Kurangi Rapat Cegah Corona

Selain itu, platform BGR Access ini juga akan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam proses logistik dalam hal kedaulatan pangan. Kolaborasi dengan stakeholder terkait dan BUMN di cluster pangan juga tengah dijajaki.

Atas inovasi digital yang dilakukan, Kuncoro berharap agar pihaknya dapat terus memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat. “Semoga kami terus mendapatkan dukungan untuk inovasi digital di industri logistik ini, dan juga untuk aplikasi BGR Access yang akan bermanfaat bagi banyak pihak serta masyarakat,” tutupnya. [USU]